Saturday , December 16 2017
Home / Aktivitas / Ciwidey Makin Viral Setelah Tol Soroja Dibuka

Ciwidey Makin Viral Setelah Tol Soroja Dibuka

Salah satu objek wisata di Ciwidey dengan latarbelakang situ yang dikelilingi perbukitan nanti hijau. Foto:Jelajah Nusa/Adhi

JELAJAH NUSA – Kawasan wisata di Ciwidey,Kabupaten Bandung,Jawa Barat siap-siap diserbu pengunjung. Ini setelah tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) resmi beroperasi. Bayangkan, jika selama ini jarak tempuh dari Bandung-Ciwidey bisa berjam-jam,sekarang cukup 15 menit sudah bisa sampai di Soreang.

“Sebelum ada jalan tol ini, mau main ke Ciwidey uda nyesek duluan kalau ingat macet di Kopo. Sekarang tinggal cuss… sudah sampe,” kata Nurhayati, warga Bandung saat ditemui Selasa (5/12/2017).

Menurut dia,tempat wisata di Ciwidey dan sekitarnya cukup menarik dan tak kalah indahnya dengan di Lembang. Ada Situ Patenggang,Cileunca,Cimanggu,Ciwalini,Kawah Putih dan lainnya.

Destinasi Kawah Putih di Ciwidey yang memiliki kelebihan pengunjung bisa langsung menyentuh air kaldera. Foto:Jelajah Nusa/Adhi

“Saya dari dulu memang ingin jalan-jalan sama keluarga ke Ciwidey, begitu katanya tol sudah dibuka,kita langsung aja pergi,” ungkapnya.

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi),Senin (4/12/2017) perjalanan dari Kota Bandung menuju Kabupaten Bandung saat ini lebih cepat dibanding sebelumnya.

Presiden Jokowi sendiri meyakini, adanya Tol Soroja ini akan memudahkan wisatawan menuju ke tempat wisata kebun teh di Rancabali,Malabar,Pangalengan.

“Bahkan rumah peninggalan Boscha sampai rumah tempat syuting Pengabdi Setan ada di Bandung Selatan,” ungkap Jokowi.

Tol Soroja tidak saja menyingkat waktu perjalanan dari Kota Bandung, tetapi sepanjang jalan juga menghadirkan pemandangan alam yang indah. Foto:Dok

Tol Soroja yang menjadi bagian dari jaringan transportasi Bandung Raya dan terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi ini memiliki lima gerbang, yaitu Margaasih Barat, Margaasih Timur, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur, dan Soreang.

Meski baru dibangun pada September 2015 lalu, tol ini ternyata sudah mulai dirancang pembangunannya sejak tahun 1996.

Tol ini juga menandai tol kesepuluh yang telah diresmikan Jokowi sepanjang tahun ini, dengan total panjang tol yang sudah beroperasi mencapai 143,57 km.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan beroperasinya tol Soroja,Senin (4/12/2017). Foto:Dok

Jokowi mengatakan, Tol Soroja merupakan infrastruktur yang paling dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Sebab, pembangunan tol sepanjang 10,55 kilometer ini telah mangkrak cukup lama.

“Ini tol yang sangat dinantikan masyarakat di Kabupaten Bandung dan sekitarnya dan sudah ditunggu lama sejak 1996,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengklaim bahwa pengerjaan Tol Soroja dikebut pada masa pemerintahannya lewat PT Citra Marga Lintas Jabar sebagai Pengusahaan Jalan Tol Soroja.

“Sudah kita kerjakan dua tahun lebih sedikit,” ucap dia.

“Kita harapkan dengan tol yang ada ini dari Bandung ke Soreang memakan waktu lebih kurang 12 menit dari sebelumnya karena macet sampai satu setengah jam lebih,” ungkap dia.

Untuk diketahui, Tol Soroja yang menjadi bagian dari jaringan transportasi Bandung Raya dan terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi memiliki nilai investasi Rp 1,765 triliun.

(adh)

Check Also

Wi-Fi Di Area Destinasi Wisata Diperbanyak

JELAJAH NUSA – Ingin liburan tapi takut gak mendapat sinyal. Janganb khawatir,Telkomsel di tahun 2018 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id