Saturday , December 16 2017
Home / Aktivitas / Menikmati Embun Pagi Situ Cileunca

Menikmati Embun Pagi Situ Cileunca

Situ Cileunca saat fajar menyingsing menghadirkan pesona alam yang sangat indah. Foto:Jelajahbandung

JELAJAH NUSA – Ingin berlibur di Kota  Bandung. Jangan lewatkan tempat ini. Situ Cileunca sedang menebarkan pesonanya.

Ya, danau kecil yang terletak di Kecamatan Pangalengan ini cuacanya sedang sangat bersih. Musim hujan yang turun tak merubah keindahan alam disekitarnya. Terlebih saat fajar menyingsing,sisa embun dari hujan semalam membentuk ukiran siluet.

Berada di  dua desa yakni desa Wanasari dan Pulosari, Situ Cileunca bisa ditempuh sekitar 45 km dari Kota Bandung, atau 185 Km dari ibu kota Jakarta. Terletak pada ketinggian ± 1550 meter di atas permukaan laut, Situ Cileunca Pangalengan ini menyajikan kesejukan dan pesona alam yang luar biasa.

Situ ini merupakan danau buatan yang menyuguhkan pesan alam tersendiri, susuri danau dengan perahu, arum jeram dan fasilitas out bond. Dulu situ ini mendapat julukan Swissnya Indonesia, sebab suguhan pesona yang mirip dengan Negara Swiss.

Sejarah singkat menyebutkan bahwa situ ini berasal dari danau buatan yang dibuat oleh banyak orang dengan cara membendung aliran sungai Cileunca.

Situ ini merupakan milik pribadi orang Belanda bernama Kuhlan yang dibangun selama 7 tahun (1912-1926) dan menghasilkan bendungan danau besar dengan luas genangan air mencapai 180 hektare.

Situ Cileunca  juga diwarnai cerita-cerita mistis seperti kadang terdengar gelar wayang kulit, padahal tidak sedang ada pertunjukan wayang kulit.

Konon dulu pernah ada satu rombongan seniman wayang yang tenggelam di danau tersebut, rombongan inilah yang dipercaya memainkan gelar wayang kulit.

Tapi dibalik cerita sejarah dan cerita mistis dari situ ini, keindahan dan fasilitas yang disediakan seakan tak mampu menggugurkan keinginan untuk singgah dan berlibur bersama keluarga.

Untuk menuju situ ini Anda dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi maka setelah keluar tol batu segera menuju arah Soreang-Ciwidey dan Pangalengan.

Situ Cileunca termasuk tempat wisata sehingga sudah banyak petunjuk jalan kesana. Ketika sudah sampai di pusat kota Bandung langsung cari jalan menuju Kota Soreang, ikuti jalan utamanya hingga sampai pada jalan menuju Banjaran.

Dari jalan utama Banjaran dapat langsung melewati Dangdeur, dari sini tinggal mengikuti jalan dan sudah memasuki jalan utama Situ Cileunca Pangalengan.

Jangan khawatir tersesat karena papan nama dan petunjuk  telah banyak disediakan. Bagi yang ingin menggunakan kendaraan umum, bisa  naik bus jurusan Leuwipanjang – Pangalengan dari Terminal Leuwipanjang ongkosnya berkisar antara Rp 15.000,00- Rp20.000,00/orang.

Saatnya mendayung sampan di Situ Cileunca.

(adh)

Check Also

Wi-Fi Di Area Destinasi Wisata Diperbanyak

JELAJAH NUSA – Ingin liburan tapi takut gak mendapat sinyal. Janganb khawatir,Telkomsel di tahun 2018 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id