Sunday , June 24 2018
Home / Destinasi / Nusantara / Lawang Sewu Zaman Now

Lawang Sewu Zaman Now

JELAJAH NUSA– Bangunan bersejarah Lawang Sewu kini sudah tampak bersih. Kesan horor pun sudah tak tampak disaat kaki melangkah kedalam bangunan yang dibuat pada tahun 1904 ini.Tiap sudut, bahkan detail dari dinding bangunan tampak mengkilat seperti baru di cat. Lantai terpasang rapi tanpa ada yang retak atau pecah, begitu juga dengan kondisi kayu tiap-tiap jendela dan pintu yang terdapat didalam dan luar bekas markas militer wilayah Jawa Tengah tersebut.

“Renovasi terakhir dua tahun lalu (2015),” kata salah satu petugas yang enggan menyebutkan namanya kepada Jelajah Nusa belum lama ini.Dia menyebutkan, berbagai perbaikan dilakukan. Plafon, lantai dan dinding diperbaiki tanpa merubah atau mengganti bentuk dari bangunan lamanya. Namun tidak demikian dengan bangunan yang berada dibawah tanah.“Dinding dan tiang cuma dicat ulang, plafon dicat dan yang bolong ditambal dan dipasangi yang baru,” terangnya.Dari penelusuran Jelajah Nusa kedalam gedung memang begitu bersih.

Tiap lorong dari satu ruangan keruangan kebersihan juga tampak terjaga. Pintu utama gedung A terbuka lebar menandakan pengunjung dipersilahkan masuk.Agak kedalam sedikit, pengunjung akan melihat kaca besar berlukiskan berbagai macam gambar disekitar tangga menuju lantai dua gedung. Aroma cat minyak masih tercium menandakan beberapa kusen baru saja dicat ulang.

Sebagai informasi, dilansir dari berbagai sumber menyebutkan Gedung sejak tahun 2010 sudah pernah direnovasi.Akan tetapi perbaikannya bertahap, dimulai dari gedung A dan C sebagai cagar budaya. Gedung tersebut kini sudah kembali indah seperti tahun 1904 ketika selesai dibangun. Kini giliran gedung B, D, dan E yang masih terlihat horor masih dalam perbaikan. (OZI)

Check Also

Tradisi Lomban Jepara Melarung Kepala Kerbau Ke Laut

JELAJAH NUSA – Meski terjadi penurunan kunjungan wisatawan dalam perayaan tradisi Lomban di Pulau Panjang, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id