Saturday , December 16 2017
Home / Aktivitas / “OK Google” Makin Mempermudah Pencarian Info Wisata

“OK Google” Makin Mempermudah Pencarian Info Wisata

Search Marketing Manager Google Indonesia, Mira Sumanti saat memberikan penjelasan “OK Google, belum lama ini. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Dunia semakin mudah dijangkau.  Inovasi teknologi yang semakin maju membuat orang setiap saat, dimana saja bisa mengakses segala keperluan. Salah satunya adalah pencarian informasi wisata.

Menyikapi tingginya permintaan infromasi wisata, tahun 2017 ini, aplikasi penelusuran Google atau Google App kembali meluncurkan inovasi demi kemudahan menemukan informasi tentang wisata khususnya di Indonesia.

Melalui kampanye bertajuk #LiburanDenganGoogle, Google App kini dilengkapi fitur guna membantu penggunanya memutuskan dan melakukan perencanaan perjalanan wisata sebelum melakukan pemesanan.

Google mempersingkat kerja jemari tangan Anda dalam mencari informasi wisata. Untuk memilih hotel misalnya, informasi seperti foto, ulasan, lokasi, dan terutama harga ditampilkan secara komprehensif hanya dengan sekali klik atau dengan memasukkan perintah suara. Perbandingan harga maupun promosi antara satu hotel dengan lainnya pun ditampilkan langsung.

Selain itu ada pula perbandingan harga dan informasi tanggal terbaik untuk jadwal pesawat agar Anda bisa mengambil putusan sesuai dengan kondisi keuangan sebelum melakukan pemesanan.

Berwisata dengan dipandu “OK Google”. Foto:IG

”Google merancang aplikasi untuk membantu Anda mengambil putusan dengan lebih cepat dan mudah mulai dari harga hingga pilihan lokasi wisata,” kata Search Marketing Manager Google Indonesia Mira Sumanti baru-baru ini.

Menurut Mira, November ini adalah bulan ketika pencarian informasi terkait wisata di mesin pencari memasuki masa puncaknya. Maka tidak heran jika publik dibombardir konten promosi tentang wisata saat menatap layar smartphone, monitor komputer atau laptop, serta TV belakangan ini.

Adanya fitur knowledge panel pertama dikembangkan, kata Mira, agar pengguna tak perlu lagi menelusuri banyak tautan hanya untuk menemukan jawaban dari pertanyaan mereka di Google.

Melalui peluncuran fitur tersebut, warganet dapat menemukan informasi mendalam seputar hotel dan moda transportasi langsung di knowledge panel aplikasi Google. Anda tak lagi perlu  repot membuka-buka banyak situs jasa perencana perjalanan.

“Data Google menunjukkan, masyarakat Indonesia bisa sangat rinci saat mencari informasi liburan. Tahun ini, Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung menjadi pilihan destinasi lokal yang paling banyak dicari di Google,” jelasnya.

Sementara itu, Pangandaran, Bukittinggi, dan Berastagi sedang menjadi tren.

“Maka dari itu, kami mendesain Google App untuk membantu menemukan semua informasi yang dibutuhkan kapan saja, di mana saja, cukup dengan berkata, OK Google” ujar Mira Sumanti.

Mira Sumanti juga memaparkan, tren pencarian tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata naik dari tahun ke tahun. Dibanding tahun 2016.

Mira Sumanti menyebut, trennya naik sekira 5 persen. Salah satu contoh kemudahan dalam merencanakan liburan melalui Google App, misalnya adalah ketika Anda mencari hotel di Bandung.

Anda hanya perlu memasukkan kata kunci ”hotel di Bandung” atau ”hotel murah di Bandung” dalam kolom pencarian Google. Hal itu juga bisa dilakukan dengan memakai instruksi suara.

Hasil pencarian teratas akan dihuni iklan sejumlah situs layanan jasa wisata rekanan Google yang relevan dengan kata kunci hotel di Bandung atau hotel murah di Bandung.

Di bawahnya, barulah terdapat rangkuman tentang hotel di Bandung atau hotel murah di Bandung yang bisa menjadi referensi Anda. Dengan sejumlah fitur dan filter seperti bujet maksimal, tanggal check in dan check out, kelas hotel, serta lokasi pada peta, Anda bisa menyesuaikan hasil pencarian yang muncul.

Head Of Google For Education, Ganis Samoedra (Kiri). Foto:IG

Setelah menemukan hotel di Bandung maupun hotel murah di Bandung yang cocok, tinggal pesan kamar melalui situs penyedia jasa perjalan yang berafiliasi dengan hotel tersebut. Semuanya ada dalam satu layar.

Hal serupa juga dapat diterapkan untuk mencari informasi tiket pesawat maupun atraksi wisata di kota tertentu.

Dengan memasukkan kata kunci “Atraksi di Bandung” di Google App, Anda akan mendapat sejumlah rekomendasi tempat menarik terpopuler Bandung. Untuk melihat detail, cukup sentuh pilihan “Tempat populer lainnya di Bandung”.

Dengan kata lain, Google App berfungsi sebagai pemandu wisata digital. Jika Anda kurang familier dengan destinasi wisata yang Anda kunjungi, tidak perlu khawatir karena Google App akan memberikan saran perjalanan yang menarik.

Nah, jika ada rencana melakukan perjalanan wisata. Ada baiknya mulai “ngulik” Google darti sekarang.

(adh)

Check Also

Wi-Fi Di Area Destinasi Wisata Diperbanyak

JELAJAH NUSA – Ingin liburan tapi takut gak mendapat sinyal. Janganb khawatir,Telkomsel di tahun 2018 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id