Wednesday , November 22 2017
Home / Aktivitas / Ingin Merasakan Durian Sinapeul Datang Ke Festival Duren Sindangwangi 2017

Ingin Merasakan Durian Sinapeul Datang Ke Festival Duren Sindangwangi 2017

Wisata Terasiring di Panyaweuan menjadi salah satu favorit wisatawan untuk berfoto selfie. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Pastikan libur  akhir  tahun kali ini bisa pergi ke Majalengka, Jawa Barat. Banyak event yang digelar di bulan Desember . Salah satunya yang dijamin bakal seru adalah Festival Duren Sindangwangi 2017 yang digelar di Pasar Ikan, Lengkong.

Festival ini merupakan salah satu dari 100 event Pesona Indonesia tahun 2017 yang didukung oleh Kementerian Pariwisata.

Di kecamatan Sindangwangi, siapa yang  tidak kenal dengan durian sinapeul?  Itulah alasan mengapa durian sinapeul yang menjadi daya tarik acara yang berstandar nasional itu.

“Karena Kecamatan Sindangwangi identik dan populer dengan durian sinapeulnya,” kata Fitry Haryono, Camat Sindangwangi,belum lama ini.

Camat wanita ini pun berkeyakinan Festival Duren nanti akan banyak menyedot wisatawan hadir di daerahnya.

“Sekalian kami mencoba mengangkat  lagi kepopuleran duren Sinapeul. Apalagi bulan ini kita lagi panen raya,” lanjut Fitri.

Untuk bisa mengikuti festival ini, pengunjung cukup membawa uang Rp 50.000 dan bisa makan durian sepuasnya. Dan, tidak  perlu khawatir kehabisan stock durian, karena duriannya sudah disiapkan sampai target 10.000 pengunjung.  Fantastik kan.

Durian Sinapeul biasa marema di bulan Desember. Foto:Dok

Selain pesta makan durian juga ada permainan games, parade band, nyanyian akustik dari ibu-ibu wonderwoman Sindangwangi yang jumlahnya 1000 orang, ada makanan olahan durian lainnya, dan boleh beli durian langsung dibawa ke rumah untuk disantap dengan keluarga.

Majalengka merupakan kota kecil di daerah Jawa Barat. Namun potensi wisatanya tak bisa dilihat sebelah mata.Kota ini menyimpan sejuta wisata yang menarik. Letaknya yang  terbagi antara dataran rendah dan perbukitan dan pegunungan memberikan suguhan panorama tersendiri, disetiap tempatnya.

Beberapa wisata di Majalengka diantaranya;

Rawa Anggrahan di Majalengka yang memiliki panorama indah saat menikmatinya di tepian danau. Foto:IG

Kebun Teh Cipasung di  Lemahsugih, Cipasung, Kabupaten Majalengka. Meski mungkin pemandangan yang didapat di perkebunan teh ini tidak berbeda dari lainnya tetapi tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat ini. Apa lagi bagi wisatawan yang sedang mencari suasana alam untuk menyegarkan pikiran.

Hamparan kebun teh yang luas tentu memberikan suguhan pemandangan yang sangat indah ditambah udaranya sangat sejuk. Berlibur akan terasa lebih menarik apabila datang ke tempat ini saat musim petik, karena bisa melihat para petani memetik secara langsung.

Gunung Ceremai. Bagi yang memiliki  hobi naik gunung, bisa menjajal Gunung Ciremai. Letak gunung Ciremai ini tepat berada pada 3 wilayah yaitu Majalengka, Cirebon dan Kuningan. Tinggi dari gunung Ciremai ini berkisar 3.078 mdpl dengan tiga jalur pendakian yang sudah populer.

Jalur Palutungan, jalur Linggarjati dan yang  terakhir jalur Apuy. Jalur yang paling favorit bagi para pendaki  ialah via Apuy karena tidak terlalu sulit serta pemandangannya sangat bagus.

Ada juga  Wisata Paralayang Gunung Panten, destinasi wisata yang  bisa memacu adrenalin bagi yang ingin menatang ketinggain dari atas gunung. Paralayang di Gunung Panten termasuk yang paling terkenal di Majalengka. Bahkan di sini juga sudah pernah digunakan untuk kejuaraan nasional paralayang dan juga kejuaraan gantolle nasional.

Pemandangan luar biasa kota Majalengka akan terlihat dengan indah apalagi saat sore hari dimusim kemarau, selain itu dataran Majalengka juga gunung Ciremai dari atas ketinggian. Untuk yang masih pemula tak perlu khawatir di sini ada pemandu yang akan menemani terbang bebas.

Salah satu suasana alam yang asri di Kabupaten Majalengka. Foto:IG

Air Terjun Cibali di Desa Cikondang Kecamatan Cingambul juga bisa menjadi pilihan lain, perjalanan yang ditempuh untuk sampai Air Terjun Cibali melewati persawahan hijau sehingga pemandangannya sangat menakjubkan.

Nuansa alamnya juga masih bersih dan segar sehingga suasananya sangat apik. Tempat ini sangat cocok untuk yang ingin melepas penat melupakan hiruk pikuk perkotaan.

Bukit Panyaweuyan Argapura. Nah, yang satu ini sekarang sedang menjadi favorit wisatawan. Berada di Desa Tejamulya, Argapura, destinasi satu ini menjadi incaran para  pecinta fotografi yang ingin mengabadikan Bukit Panyaweuyan Argapura.

Pemandangan datarannya menjadi  yang paling menarik, biasanya fotografer yang menyambangi tempat ini akan datang pagi buta demi mendapatkan sunrise serta bukit yang berselimut kabut. Lewat bukit ini wisatawan juga akan disuguhi pemandangan gunung yang berdekatan dengan kabupaten Majalengka.

Jadwal event yang bakal digelar di Kabupaten Majalengka Desember mendatang. Foto:IG

Disini juga terdapat tempat  wisata Terasering Panyaweuyan Argapura, di Desa Argamukti. Kini, Terasering Panyaweuyan yang merupakan destinasi agrowisata di Kabupaten Majalengka menjadi salah satu surga bagi pencinta fotografi, atau wisatawan yang ingin menikmati panorama ladang yang tersusun rapi.

Tiap minggunya didatangi oleh wisatawan dan fotografer baik lokal maupun dari luar daerah Majalengka. Satu catatan, nikmatilah pemandangan di Panyaweuyan, tapi jangan sampai dengan menginjak-injak tanaman pertanian yang ada di sana hanya demi selfie.

Masih banyak lagi destinasi menarik lainnya yang bisa dikunjungi di Majalengka.

(adh)

Check Also

Pagi Ini BPC ICA Kabupaten Bandung Dikukuhkan

JELAJAH NUSA – Badan Pengurus Daerah Indonesian Chef Association (BPD ICA) Provinsi Jawa Barat pagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id