Wednesday , November 22 2017
Home / Aktivitas / Garut : Kawasan Wisata Baru di Cilawu

Garut : Kawasan Wisata Baru di Cilawu

Suhendi, salah satu tim dari pengelola Camping Ground Curug Cisarua Sukamurni Garut (Foto: Jelajah Nusa/Rivansyah Dunda)

JELAJAH NUSA – Budi Gan Gan Gumilar SH, Msi,Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Garut mewakili Bupati Garut meresmikan objek wisata baru di Kabupaten Garut yang berbasis Ecotourism pada Minggu (11/11). Objek yang baru itu  wisata alam yakni Camping Ground dengan pemandangan alam Curug (Air Terjun/Waterfall) Cisarua yang lokasinya di Kampung Patrol Desa Sukamurni Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut Jawa Barat.”Kami mendukung Objek Wisata Cisarua, Pemkab Garut akan membangun infrastruktur, terutama jalan. Sebab jalan yang ada sekarang ini tidak memadai. Selain kecil juga perlu diperbaiki”, papar Budi Gan Gan dalam sambutanya.

Budi Gan Gan Gumilar Kadispar Garut, Nanang Kosim Kades Sukamurni, Mekarwati Camat Cilawu, dan Wa Ratno Gerakan Hejo meresmikan dibukanya Kawasan Wisata Curug Cisarua Desa Sukamurni Cilawu Garut Jawa Barat (Foto: Jelajah Nusa/Rivansyah Dunda)

Peresmian didampingi Camat Cilawu Mekarwati, Lurah Desa SukamurniNanang Kosim, dan Wa Ratno dari Gerakan Hejo Garut. Acara peresmian dengan gunting pita tersebut sekaligus memperingati ulang tahun Komunitas Naratas Buana yang bertajuk Fun Camp . Naratas Buana adalah komunitas pencinta lingkungan di Desa Sukamurni yang menggagas dibukanya objek wisata Curug Cisarua tersebut bersama Gerakan Hejo.

“Saya apresiasi untuk peresmian objek wisata ini. Air terjun atau curug Cisarua di Kabupaten Garut akhirnya diresmikan oleh pemerintah setempat untuk wisata ekologi,” papar Eka Santosa, Ketua Umum Gerakan Hejo yang hadir di acara tersebut.

Air Curug Cisarua berasal dari Gunung Cikuray, dibawahnya terhampar kawasan yang dijadikan Camping Ground oleh masayrakat Desa Sukamurni, lahannya sendiri milik Perhutani. Disini penikmat alam bisa menikmati derasnya kucuran dan segarnya air gunung yang dinaungi udara segar di ketinggian 1500 Mdpl.

Pagi hari eberapa peserta Fun Camp yang berada di Camping Ground menuju lokasi Curug (Air Terjun/Waterfall) (Foto: Jelajah Nusa/Rivansyah Dunda)

Dari Garut kota  hanya sekitar 45menit. Untuk mengakses area ini Anda bisa mengambil arah Cilawu atau menuju Tasikmalaya dan patokan pertama adalah Pasar Bojongloa, Cilawu dengan cara pakai ojeg atau kendaraan pribadi. Setelah itu terdapat jalan kampung disebelah kanan jalan raya setelah pasar Bojong Loa.

Untuk menuju Camping Ground, dari Kampung kopi balad bisa memulai tracking dengan berjalan kaki kurang lebih 15 menit menuju curug, inilah kelebihannya berkunjung ke curug Cisarua ini.

Beberapa peserta Fun Camp menikmati sejuknya udara dan aliran air dari Curug Cisarua (Foto:Jelajah Nusa/Rivansyah Dunda)

Terlebih dulu Anda diharuskan sedikit berjalan kaki, tapi jangan khawatir jalan setapak menuju curug sudah dibenahi,jadi terbilang mudah untuk tracking ringan menembus sawah, kebun sayur-sayuran para petani juga terakhir bukit pinus yang berada di area ini sebelum sampai di kawasan Curug Cisarua.

Pagi hari Anda bisa menikmati sunrise dan pemandangan pelangi yang mempesona dari Curug Cisarua (tinggi diri terjun atau Curug sekitar 40 meter) . Jika Anda mencari objek wisata baru yang yang belum banyak yang tahu, tempat ini bisa menjadi salah satu pilhan untuk berwisata. (RIV)

 

 

 

 

Check Also

Pagi Ini BPC ICA Kabupaten Bandung Dikukuhkan

JELAJAH NUSA – Badan Pengurus Daerah Indonesian Chef Association (BPD ICA) Provinsi Jawa Barat pagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id