Wednesday , November 22 2017
Home / Aktivitas / Air Terjun Temam Ini Bak Niagara Mini Amerika

Air Terjun Temam Ini Bak Niagara Mini Amerika

Air Terjun Temam di Lubuklunggau,Sumatera Selatan. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Traveler’s, ternyata di Sumatera Selatan, tepatnya di Kelurahan Rahma, Kota Lubuk Linggau memiliki destinasi air terjun yang mirip dengan Niagara Mini yang terdapat di Amerika. Namanya air terjun Temam, panorama alam sekitarnya dijamin membuat kita betah tinggal berlama-lama.

Bentuknya yang memanjang dan mirip tirai raksasanya Niagara Amerika,  Air Terjun Temam ini berasal dari aliran sungai Temam yang masih bersih dan terbebas dari sampah. Jadi tidak perlu khawatir untuk tetap bisa menikmati dan bermain air di area air terjun ini.

Air Terjun Temam berbeda dengan air terjun tinggi menjulang yang biasa kita temui, air terjun yang terbentuk secara alami ini memiliki bentuk memanjang yang berukuran tinggi sekitar 12 meter dan lebar mencapai 25 meter.

Keunikan batu yang berbentuk celah dan melengkung dibawah air terjun ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung yang  duduk-duduk sambil menikmati sensasi jatuhnya air dihadapan mereka.

Banyak cara unutk mengagumi air terjun ini. Dengan cara berfoto narsis dari atas dan dengan background air terjun, dengan hanya view air terjun temam lubuklinggau sumatera selatan duduk didepan air terjun sambil menikmati hempasan embun air terjun dan dengan mendekat sambil bermain air di kolam yang berada di bawah air terjun.

Kadang ada juga anak asli masyarakat sekitar yang berani terjun dari atas air terjun ke kolam yang mempunyai kedalaman sekitar 4 meter itu.

Air Terjun ini sangat sayang untuk dilewatkan apabila saat kita berada di Propinsi Sumatera Selatan, dari pintu masuk suara gemuruh air sudah menghiasi indera pendengaran kita.

Akses menuju lokasi ini melewati anak tangga berjumlah kurang lebih 100 anak tangga yang sudah bersih dan tertata rapi. Rindangnya pepohonan disekitar perjalanan membantu meredahkan lelah saat berjalan.

Sesampai di air terjun dengan pelataran yang luas bisa langsung menikmati atau beristirahat dahulu di  beberapa tempat yang berbentuk cendawan raksasa lengkap dengan tempat duduknya.

Air terjun ini berjarak  11 km dari pusat kota Lubuk Linggau ke arah selatan atau sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui dua jalan masuk, yaitu jalan masuk ke arah Kelurahan Rahma atau Kelurahan Air Temam dengan kondisi jalan yang cukup bagus.

Air Terjun ini sendiri terletak sekitar 50 m dari jalan yang menghubungkan antara Kelurahan Air Temam dan Kelurahan Rahma. Kota lubuk Linggau dapat ditempuh dengan 6.5 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Palembang.

Sebagai alternatif lain, kota ini juga dapat dicapai melalui Bengkulu dan berjarak sekitar 4 jam perjalanan dengan melewati kota Kapahiang dan Curup.

Tempat Wisata Air terjun Temam sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah Kota Lubuk Linggau, Fasilitas di area air terjun sudah lengkap, mulai dari  tempat makan dan toilet sudah disediakan.

Penginapan bisa ditemukan di Kota Lubuk Linggau yang merupakan kota terdekat dari Air terjun Temam.

(adh)

Check Also

Pagi Ini BPC ICA Kabupaten Bandung Dikukuhkan

JELAJAH NUSA – Badan Pengurus Daerah Indonesian Chef Association (BPD ICA) Provinsi Jawa Barat pagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id