Wednesday , November 22 2017
Home / Aktivitas / Menanti Ajakan Disbudpar Kota Bandung

Menanti Ajakan Disbudpar Kota Bandung

Penulis: Iwan Rismawardani, Ketua IHGMA Chapter Parahyangan

KOTA Bandung sebagai sebagai salah satu destinasi wisata favorit  bagi wisatawan nusantara dalam tiga tahun terakhir menunjukan perubahan yang signifikan.  Dibawah kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil perubahan kota sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh warga Bandung.

Warga menikmati cantiknya taman-taman kota untuk bersosialisasi , berkumpul , hingga sekedar jalan-jalan  sore atau pun pagi. Begitu sangat dimemanjakan para pejalan kaki dengan memperlebar trotoar-trotoar dijalan protokol.

Pemerintah kota berupaya membangun destinasi wisata yang baru agar wisatawan nusantara tidak bosan dan jenuh bila datang ke Bandung.

Salah satu sektor pendukung pariwisata yang  tidak  kalah pentingnya adalah perhotelan. Kondisi yang ada saat ini khususnya kota Bandung dan umumnya Jawa Barat tidak sebaik dua tiga tahun yang lalu. Tingkat okupansi saat ini rata-rata hanya mencapai 52%  itu pun bagi hotel hotel yang lokasinya cukup  strategis dan mudah dijangkau.

Tingkat okupansi  dari tahun ke tahun terus menurun begitu pula dengan kegiatan bisnisnya sehingga pendapatan secara  umum menurun sedangkan biaya biaya tetap  terus mengalami kenaikan seperti  biaya listrik , gaji karyawan , biaya pemeliharaan  dan yang lainnya.

Belum lagi tantangan tahun depan menghadapi Pilkada 2018 dan Pilpres 2019, pembangunan jalur LRT disepanjang Jakarta Bekasi  hingga 2019 sedikitnya akan mempengaruhi tingkat okupansi .

Upaya menjaga okupansi hotel dikota Bandung  sesungguhnya dapat diupayakan bila adanya kerjasama antar pemerintah kota dengan para pelaku wisata itu sendiri bila direncanakan secara terpadu satu sama lain.

Dalam satu kesempatan bertemu dengan Ibu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisara  Kota Bandung . Beliau menyebutkan bahwa kota Bandung mempunyai banyak sekali event wisata ?

Saya mewakili teman teman industri cukup terhenyak dengan info seperti itu karena kami benar-benar tidak mengetahui event apa saja yang diselenggarakan di Kota Bandung ?

Menjelang  akhir  tahun 2017 dengan segala kekurangan dan kelebihan untuk kemajuan pariwisata kota Bandung , alangkah lebih baik dan bahagianya kami selaku pelaku wisata, dilibatkan,diajak urun rembuk untuk rencana -rencana event yang akan diselenggarakan disbudpar Kota Bandung tahun 2018.

Sehingga  bila kami mengetahui rencana apa saja kalender tahunan wisata kota Bandung . Khususnya hotel-hotel di kota Bandung, tentu akan sangat membantu mempromosikan kepada tamu tamu kami , agenda apa saja yang akan diselenggarakan dikota Bandung.

Check Also

161 Hari Lagi Bandara Kertajati Resmi Dibuka

JELAJAH NUSA – Tak lama lagi masyarakat Provinsi Jawa Barat bisa menikmati layanan bandara internasional. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id