Thursday , October 19 2017
Home / Destinasi / Nusantara / Wisatawan Disuguhkan Restorasi Candi Borobudur

Wisatawan Disuguhkan Restorasi Candi Borobudur

Beberapa pengunjung sedang memperhatikan beberapa hal di Pameran Arsip Restorasi Candi Borobudur (Foto Dok.Humas Monumen Nasional)

JELAJAH NUSA – Pameran Arsip Pemugaran Borobudur tengah berlangsung di Museum Nasional hingga beberapa hari kedepan.Kegiatan yang diusung Balai  Konservasi Candi Borobudur bersama LIPI, Arsip Nasional, dan Perpustakaan Nasional RI ini menampilkan dokumen sejarah Candi Borobudur.“Pameran ini digelar dari kemarin (Selasa, 10/10) hingga Minggu  (15/10),” kata Kepala Balai Konservasi Borobudur, Marsis Sutopo kepada Jelajah Nusa, Rabu (11/10).

 

 

Dia menyebutkan, menguak informasi sejarah mengenai restorasi pelestarian Candi Borobudur sejak purbakala tahun 1973 hingga 1983. Selain itu, upaya lainya seperti preservasi dan digitalisasi juga disuguhkan di kegiatan tersebut.“Selain harus dijaga keutuhannya, keberadaan arsip yang mengandung nilai sejarah yang tinggi ini perlu diinformasikan secara luas kepada masyarakat melalui pameran,” ungkapnya.

Agar masyarakat mengetahui akan sejarah, pameran diangkat bertemakan ‘Melestarikan Dokumen Sejarah Pemugaran Candi Borobudur sebagai Memory of The World’. Hal ini mengingat, Candi Borobudur pernah mengalami beberapa kali pemugaran baik skala kecil maupun besar.“Kan selama ini, masyarakat hanya mengetahui fisk Candi Borobudur seperti sekarang (Dalam keadaan utuh) tanpa mengetahui proses panjang terbentuknya dari proses pemugaran Candi Borobudur, hingga adanya pecahan batu Candi Borobudur,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Najamudin Ramly mengingatkan kembali, agar masyarakat dapat mengenal Candi Borobudur sebagai warisan dunia.“Dan mengetahui informasi mengenai arsip sejarah restorasinya sebagai Memory of The World,” ujarnya.

Sebagai informasi, Balai Konservasi Borobudur juga membuat suatu aplikasi yang berguna untuk memberikan informasi mengenai Candi Borobudur kepada wisatawan.Nantinya, informasi ini dikemas dalam bentuk buku, versi web bahkan dalam versi aplikasi di Android yang nantinya bisa diunduh melalui PlayStore bernama Borobudurpedia. Di aplikasi tersebut, berisikan tentang informasi lengkap situs purbakala Candi Borobudur tanpa spekulasi-spekulasi yang selama ini beredar di media sosial.

(OZI)

Check Also

Mulai 21 Oktober Sriwijaya Air Jelajahi Raja Ampat

JELAJAH NUSA – Sriwijaya Air Group akan membuka rute penerbangan baru menuju destinasi wisata Raja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id