Thursday , October 19 2017
Home / Aktivitas / Festival Europalia Memberikan Pandangan Berbeda Tentang Indonesia

Festival Europalia Memberikan Pandangan Berbeda Tentang Indonesia

Pembukaan Europalia Arts Festival Indonesia di Centre for Fine Arts, Belgia. Nampak di gambar, Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, ditemani oleh Raja dan Ratu Belgia. Foto:IG

JELAJAH NUSA –  Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pembukaan festival kebudayaan Indonesia di Belgia, Europalia Indonesia. JK tampak duduk berdampingan dengan Raja Belgia Philippe dan ratunya, Mathilde.

Pembukaan Europalia digelar di gedung pertunjukan Bozar, Brussel, Belgia, Selasa (10/10/2017) malam waktu setempat. Tampak mendampingi JK yakni sang istri Mufidah Kalla.

Dalam pidatonya, Ketua Europalia Internasional Georges Jacobs de Hagen menyampaikan Europalia Indonesia ingin memberi pandangan yang berbeda terhadap Indonesia.

Pemain musik gamelan khas Indonesia ikut mengiringi pembukaan Pembukaan Europalia Arts Festival Indonesia di Centre for Fine Arts, Belgia. Foto:IG

“Festival ini menawarkan pandangan baru tentang negara undangan, tentang pertukaran-pertukaran dan kreasi-kreasi artistik melalui pameran, pertunjukan tari dan musik, sastra dan film,” ujar Georges.

Georges melanjutkan bahwa Europalia Indonesia ingin memberikan pandangan baru tentang budaya dan seni Indonesia dan menunjukkan bahwa tidak hanya ada satu, tapi banyak Indonesia.

Walikota Bandung Ridwan Kamil foto selfie dengan Fahmi Jamaludin, seorang warga Indonesia di acara pembukaan Festival Europalia di Brussel,Belgia. Foto:IG-fahmi.jamaludin

Hadir pula dalam pembukaan resmi Europalia malam ini presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Menko PMK Puan Maharani, Mendikbud Muhadjir Effendy, dan sejumlah pejabat lain.

Europalia merupakan festival kebudayaan 2 tahunan yang digelar di Belgia dan enam negara lain di Uni Eropa. Kebetulan tahun ini yang menjadi ‘tamu spesial’ adalah Indonesia.

Europalia akan digelar mulai 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018. Europalia berfokus pada seni tradisional dan kontemporer Indonesia.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan foto bersama disela-sela pembukaan Festival Europalia di Belgia. Foto:IG-fahmi.jamaludin

Dalam pembukaan festival yang diperkirakan akan menyedot pengunjung hingga satu juta orang ini ditampilkan tiga kebudayaan yang mewakili Indonesia barat, tengah, dan timur. Tiga kebudayaan itu antara lain Nani Topeng Losari Cirebon, Voices of Papua, dan Saman Gayo Lues.

Hadir juga dalam pembukaan festival di Brusel tersebut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Walikota Bandung, Ridwan Kami.

Sebuah akun instagram fahmi.jamaludin menunjukan foto-foto pimpinan Jawa Barat saat berada Belgia.

(adh)

 

Check Also

Mulai 21 Oktober Sriwijaya Air Jelajahi Raja Ampat

JELAJAH NUSA – Sriwijaya Air Group akan membuka rute penerbangan baru menuju destinasi wisata Raja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id