Thursday , October 19 2017
Home / Aktivitas / Bali Hockey Festival 2017 Bakal Diramaikan 24 Tim Tangguh

Bali Hockey Festival 2017 Bakal Diramaikan 24 Tim Tangguh

Bali Hockey Festival (BHF) 2017 kembali bakal digelar di Lapangan Banteng, Seminyak, Bali pada 30 September-1 Oktober 2017. Foto: Ist

JELAJAH NUSA – Yayasan Hockey Indonesia (YHI) kembali menggelar perhelatan hockey internasional Bali Hockey Festival (BHF) 2017 di Lapangan Banteng, Seminyak, Bali pada 30 September-1 Oktober 2017. Gelaran tahunan ini merupakan yang ke-empat kalinya.

“Tahun ini ada 24 tim yang berpartisipasi,” kata Ketua YHI, Iwan Barata di Seminyak, Bali, Jumat (29/10).

Perhelatan yang mengusung konsep ‘Hockey Holiday in Bali’ ini menarik perhatian tim-tim dari dalam dan luar negeri.

Untuk peserta luar negeri, Iwan mengatakan, panitia sudah mendapatkan konfirmasi dari tim-tim asal Malaysia, Singapore, Hongkong, dan Brunei Darussalam.

“Animo yang besar dari tim mancanegara yang dari tahun ke tahun meningkat,” ujar Iwan.

Pada BHF 2017 ini ada 18 tim putra dan 6 tim putri yang bakal bertanding. Panitia menggunakan sistem setengah kompetisi dan membuka peluang bagi setiap tim untuk bersaing dalam tiga divisi.

Masing-masing, Cup Division, Plate Division, dan Bowl Division. Pembagian divisi ini memungkinkan tim yang sama kuat bersaing dalam satu kompetisi.

“Juara pada Cup Division, putra dan putri akan dicatatkan dalam Rudolf Moal Shield. Ini penghargaan kepada salah satu pendiri yayasan yang selama hidupnya sangat mendukung kegiatan kami,” terang Iwan.

Kegiatan serupa BHF diselenggarakan juga di negara-negara tetangga seperti Singapore Cricket Club, Hong Kong Faster, Vietnam Festival dan Malaysia.

Setiap negara menggabungkan kegiatan olahraga hockey dengan konsep pariwisata. Cara ini dapat menarik animo pecinta olahraga hockey untuk bermain dengan tim-tim baru di luar negeri.

“Ada yang masih aktif sebagai pemain hockey atau veteran,” tambah Iwan.

Penyelenggaraan BHF 2017 ini mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komisi X DPR RI, serta Federasi Hockey Indonesia.

Salah satu peserta dari Indonesia Suparman berharap dengan adanya Bali Hockey Festival yang diselenggarakan setiap tahunnya akan menumbuhkembangkan prestasi hoki di daerah.

“Selain itu event ini juga bisa mendatangkan turis ke Indonesia khususnya di Bali. Kita juga berharap kegiatan ini tidak hanya bisa  diadakan di Bali saja tetapi juga di kota-kota yang menjadi destinasi, seperti Bandung, Lombok, Papua dan lainnya,” kata Suparman yang juga General Manager Dusun Bambu ini.

Tim lokal lain yang turut memeriahkan kegiatan BHF 2017 ini, antara lain, Trisakti HC dan Mandala.

Salah satu tim Hockey yang siap bertanding di Bali Hockey Festival 2017. Foto:Dok

Iwan berharap penyelenggaraan BHF dapat menjadi agenda rutin guna mengembangkan olahraga hockey di Indonesia serta membantu pemerintah dalam bidang pariwisata. Iwan bercita-cita dalam kegiatan tahun mendatang sudah bisa ada spanduk penyambutan bagi para peserta.

“Welcome to Bali to all participants of Bali Hockey Festival di Bandara Ngurah Rai,” tutur Iwan.

Yayasan Hockey Indonesia adalah wadah para pecinta hockey yang turut serta membangun dan mengembangkan olahraga hockey di Indonesia. Dalam kegiatannya, lembaga independen ini tetap berkoordinasi dengan pengurus pusat hockey.

Sejak pendiriannya pada tahun 2015, Yayasan Hockey Indonesia sudah menggelar kompetisi tahunan Bali Hockey Festival, mendukung penyelenggaraan Ampera Cup di Palembang, dan turut memberikan bantuan serta penyuluhan olahraga hockey di sekolah-sekolah.

Para pengurus dan pegiat YHI merupakan para alumni hoki perguruan tinggi yang ada di Indonesia seperti Universitas Negeri Jakarta, Universitas Trisakti, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Katolik Parahyangan, serta Institut Sains dan Teknologi Nasional.

(adh)

Check Also

Mulai 21 Oktober Sriwijaya Air Jelajahi Raja Ampat

JELAJAH NUSA – Sriwijaya Air Group akan membuka rute penerbangan baru menuju destinasi wisata Raja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id