Tuesday , September 26 2017
Home / Aktivitas / Pertemuan Raja Se-Nusantara Perkuat NKRI

Pertemuan Raja Se-Nusantara Perkuat NKRI

Kirab Puri Agung Denpasar Bali dalam @FestivalKeraton Nusantara XI di Alun-alun Keraton Kasepuhan. Foto:IG

JELAJAH NUSA –   Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-11 yang diselenggarakan di Kota Cirebon dan diikuti oleh Keraton se-Nusantara akhirnya resmi dibuka Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

“Dengan ini Festival Keraton Nusantara yang ke-11 saya nyatakan dibuka,” kata Aher sapaan akrabnya di Cirebon, Sabtu (16/9/2017) saat membuka acara FKN.

Aher mengatakan dengan diadakannya FKN, diharapkan bisa memperkuat kesatuan Republik Indonesia yang sangat beragam, baik suku, budaya, bahasa dan lainnya.

Indonesia yang terdiri dari 17 ribu pulau lebih sangat beragam dan keberagaman ini bisa menjadi berkah bagi Indonesia.

“Pertemuan Raja se-Nusantara diharapkan bisa lebih mempersatukan Indonesia yang beragam ini,” tuturnya.

Festival Keraton Nusantara Ke-11 ini digelar di Kota Cirebon mulai tanggal 15-19 September 2017 dengan berbagai ragam agenda yang telah disusun oleh panitia pelaksana.

Sementara itu Ketua Umum FKN ke-11, Agus Mulyadi mengatakn pada FKN Ke-11 yang digelar di Kota Cirebon ini, diikuti oleh 47 keraton peserta yang berada di Nusantara, selain itu juga ada 113 keraton lainnya yang menjadi peninjau.

“Yang menjadi peserta ada 47 keraton yang tergabung dalam Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara (FKIKN) sudah hadir semua,” tuturnya.

Sementara itu untuk tiga keraton yang berada di Cirebon menjadi tuan rumah FKN yaitu Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan, ditambah Taman Air Gua Sunyaragi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida, mengatakan sebelum acara dibuka, para raja dan sultan peserta FKN ke XI tahun ini melakukan Welcome Dinner terlebih dulu di Taman Gua Sunyaragi Cirebon.

“Pada pembukaan FKN XI, diawali dengan pagelaran Seni Kolosal Pembukaan FKN, Kirab Agung Prajurit Keraton se-Nusantara dan grand launching Museum Pusaka Keraton Kasepuhan, di Keraton Kasepuhan Cirebon,” katanya.

Selain itu, pameran benda pusaka, pameran kerajinan rakyat, pagelaran kesenian keraton, pagelaran busana dan upacara adat akan turut memeriahkan FKN Ke-XI.

Dia memaparkan, penyelenggaran kegiatan ini, sudah disepakati sejak tiga tahun lalu (2014). Lanjutnya, berdasarkan keputusan musyawarah raja, sultan dan pemangku adat Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara (FKIKN) 2014.

“Kasultanan Kasepuhan Cirebon Jawa Barat dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan FKN ke-XI,” lanjutnya.

Festival Keraton Nusantara di Jawa Barat ini merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya. Sebelumnya, FKN pernah dilaksanakan pada tahun 1997.

Sebelumnya, perhelatan raja sultan se-nusantara ini diselenggarakan dua tahun sekali, namun sejak tahun lalu FKN diselenggarakan menjadi setahun sekali.

Kegiatan Festival Keraton Nusantara ini secara bergantian dilaksanakan di keraton-keraton se-nusantara.

(ozi/ant)

Check Also

Helic Diharapkan Bisa Mendorong Profesionalisme GM Hotel

JELAJAH NUSA – Ketersediaan Sumber daya manusia (SDM) perhotelan sejauh ini masih menjadi persoalan tersendiri, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id