Tuesday , September 26 2017
Home / Aktivitas / Unik, Bandara Ini Landasan Pacunya Melewati Jalan Raya

Unik, Bandara Ini Landasan Pacunya Melewati Jalan Raya

Suasana Bandara Gibraltar. Foto: Net

JELAJAH  NUSA –  Terbatasnya lahan untuk landasan pacu pesawat terbang, Bandar udara (Bandara) Gibraltar landasannya melintasi jalan raya loh! Masa sih?

Iya, oleh sebab itu banyak wisatawan atau turis penasaran dengan keunikan dari Bandara yang bernama lain Bandar Udara North Front yang terletak di ujung Semenanjung Iberia, Spanyol.

Dilansir dari Wikipedia menyebutkan, Bandara ini bernama Gibraltar. Bandara yang terletak di perbatasan Spanyol dengan Britania Raya (Inggris) ini memakai ruas jalan raya tersibuk bernama Winston Churchill.

Adapun mekanisme dari pengaturan arus lalu lintas penerbangan, pihak bandara bersama pemerintah setempat, membuat lampu merah menggunakan plang otomatis.

Sesaat, kendaraan yang melintas dijalan tersebut akan berhenti beberapa menit saat pesawat melintas. Begitu sebaliknya, saat pesawat hendak mendarat, plang kembali turun dan kendaraan dari dua arah akan terhenti.

Penerbangan disini tidak terlalu banyak, dalam sehari Maskapai hanya melakukan 6 kali penerbangan ke seluruh wilayah Inggris. Bandara ini melayani lebih dari 300.000 pengunjung pertahun, selain juga untuk pesawat kargo.

Negara  kecil ini hanya memiliki luas wilayah 6,8 Kilometer persegi saja, dan negara ini merupakan bagian dari Kekuasaan Inggris meski bandara ini terletak di Spanyol.

Wilayah ini berada di bawah kekuasaan Britania lebih dari 300 tahun, sejak 1704. Wilayah ini secara resmi diserahkan oleh Spanyol berdasarkan Perjanjian Utrecht pada tahun 1713.

(Ozi)

Check Also

Helic Diharapkan Bisa Mendorong Profesionalisme GM Hotel

JELAJAH NUSA – Ketersediaan Sumber daya manusia (SDM) perhotelan sejauh ini masih menjadi persoalan tersendiri, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id