Tuesday , September 26 2017
Home / Aktivitas / Geo Wisata / Pesona Ngarai Tersembunyi Di Tasikmalaya Saingan Green Canyon

Pesona Ngarai Tersembunyi Di Tasikmalaya Saingan Green Canyon

Tonjong Canyon Garut Selatan (Foto: Blogspot.com)

JELAJAH NUSA -Tasikmalaya memiliki sejumlah tempat wisata tersembunyi. Salah satu tempat yang belum dikenal dan banyak dikunjungi yaitu Tonjong Canyon. Tempat wisata ini tidak kalah dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran.

Lokasinya di Setiawargi, Tamansari dan kini mulai ramai dikunjungi pada akhir pekan atau musim liburan.  Pesona keindahan ngarai alam mampu membuat pengunjungnya kagum. Tebing berwarna kecokelatan dan aliran air sungai yang berwarna kehijauan akan langsung menyambut pengunjung ketika tiba.

Keindahan alam semakin memikat karena adanya Curug Tonjong yang mengalirkan air ke sungai. Pengunjung yang gemar bermain air pasti akan merasa puas ketika mengunjungi tempat ini. Di sini, pengunjung diperkenankan untuk berenang dan naik perahu karet untuk menelusuri sungai sepanjang 60 meter, serta menguji adrenalin dengan melompat dari atas tebing ke sungai.

Tapi, faktor keselamatan harus tetap diperhatikan. Sebab, untuk bisa sampai ke sungai, pengunjung harus menuruni bebatuan yang ada di tebing. Bebatuan itu cukup licin ketika dipijak. Selain itu, sungai Tonjong juga memiliki kedalaman yang lumayan dalam yaitu 8-10 meter. Maka dari itu, pengunjung yang tidak pandai berenang tidak disarankan menyebur ke sungai.

Jangan lupa untuk menyiapkan fisik yang kuat untuk jelajah ke sini. Sebab, pengunjung perlu melakukan kegiatan hiking terlebih dahulu. Siapkan pula perlengkapan pribadi termasuk obat dan makanan. Sebab, walaupun tempat ini menyediakan fasilitas penginapan dan warung, lokasinya cukup jauh dari Tonjong Canyon.

Mengingat Anda hanya bisa membawa kendaraan sampai gerbang utama dan meneruskan perjalanan dengan hiking sejauh 500 meter, tentunya Anda membutuhkan minuman atau makanan bila merasa letih. Sebagai informasi tambahan, biaya masuk ke tempat ini berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-.

Dengan biaya masuk yang cukup murah dan pemandangan alam yang menakjubkan, sepertinya rasa letih karena berjalan kaki akan terbayar. Jangan lupa untuk membawa kamera guna mengabadikan momen berkunjung Anda.

(RIV)

 

Check Also

Padang Sediakan Moda Transportasi Wisata Berbasis Delman

JELAJAH NUSA – Salah satu daya tarik wisata Kota Padang yang hangat dibicarakan wisatawan lokal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id