Thursday , December 14 2017
Home / Destinasi / Pesona 5 Objek Wisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe

Pesona 5 Objek Wisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe

Anak-anak sedang bermain di Pantai Pananuareng Sangihe Sumatera Utara (Foto : wego.co.id)

JELAJAH NUSA – Bagaikan mutiara di ujung utara Indonesia Sangihe memiliki pesona yang menakjubkan. Sangihe merupakan salah satu kabupaten kepulauan di Indonesia. Kabupaten ini beribukota di Tahuna. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan negara tetanggga Filipina.

Ini lima objek wisata dengan pesona yang menakjubkan itu :

 

  1. Puncak Pusunge
Pemandangan dari atas Puncak Pusunge Sangihe Sulawesi Utara (Foto : suarasulutnews.com)

Puncak Pusunge adalah kawasan perbukitan di kampung pusunge lenganeng kecamatan Tabukan Utara Sangihe. Untuk menuju ketempat ini cukup dengan menempuh waktu sekira 30 menit dari Kota Tahuna. Pemandangan pulau Sangihe dapat dilihat 360 derajat. Di bagian utara kita dapat melihat pemandangan gugusan pulau-pulau Tinakareng, sebelah Barat Gunung awu dan pemandangan sunset, sebelah selatan Kota Tahuna dengan teluknya yang indah dan sebelah timur pemukiman kampung Lenganeng. Anda dapat menikmati Hawa sejuk sambil ditemani kopi hangat dengan pisang goreng sambal dabu-dabu khas Sulawesi utara. Puncak indah lainnya: Puncak karuka di Pulau Batunderang, Puncak Malamenggu, Gunung Sahendarumang, Bongkong Sio Sesiwung, Puncak Bango Kahakitang, Bowong Banua Sowaeng dll.

  1. Pantai Pananuareng
Anak-anak sedang bermain di Pantai Pananuareng Sangihe Sumatera Utara (Foto : wego.co.id)

Pantai Pananuareng adalah salah satu pantai favorit dari begitu banyak pantai-pantai cantik yang ada di Sangihe. Pantai ini berlokasi di kampung Tariang baru kecamatan Tabukan Tengah Sangihe. Waktu yang ditempuh untuk menuju ke sini sekira 1,5 jam dari Pusat Kota Tahuna.

Pantai-pantai cantik lainnya adalah: Pantai Embuhanga, Pantai Kasaraeng, Pantai Bado, Pantai MarahiSalurang, Pantai Ria, Pantai Kahumata, Pantai Raja, Pantai Daraeng, Pantai Sapaeng, Pantai Enggohe, Pantai Angges, Pantai Banala, Pantai Paghulu, Pantai Kapehetang, Pantai Sehang, Pantai Mawira, Pantai Enemanandu, Pantai Desawang, Pantai Apentana, Pantai Pampakilang, Pantai Masing, Pantai Dano, Pantai Mangareng, Pantai Salise, Pantai Lembawua, Pantai Tiude, Pantai Belebirang, Pantai Hiung, Pantai Sororai, Pantai Lantehe, Pantai Mala, Pantai Kahanggaeng, Pantai Mategi, Pantai Dolosan, Pantai Tawarang, Pantai Kalama dll

  1. Pulau Mendaku dan Dakupang
Pemandangan dari Pantai Pulau Mendaku Sangihe Sulawesi Utara (Foto: Blogspot.com)

Pulau Mendaku dan Pulau Dakupang adalah dua pulau yang berdekatan dan termasuk dalam wilayah adminstrasi kecamatan Manganitu Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Bagi yang gemar Snorkling dan Diving tempat ini menawarkan pesona bawah laut yang sangat kaya. Beberapa wisatawan mengatakan Mendaku adalah Bunakennya Sangihe.

Sangihe kaya akan keanekaragaman hayati laut sehingga  banyak Spot diving yang lain yang dapat dikunjungi. antara lain: Gunung api bawah laut Banua Wuhu di Pulau Mahegetang, Spot Pintu Kota yaitu Bekas kapal tenggelam di lokasi pelabuhan Tua Tahuna, Kota yang Hilang di Maselihe kecamatan Kendahe, Napo Para, Napo Nenung, Sea Grass Mahumu, Poa, Liang, Nitu, Kahakitang, Kalama, Bebalang, Batunderang, Nusa, Ruang Nadine di Pulau Bukide, Enempahembang, Lesa, Batuwingkung, Tehang.

  1. Kawasan Boulevard Tahuna
Beberapa pengunjung sedang berenang di pinggir reklamasi Boulevard Kota Tahuna Sangihe Sulawesi Utara (Foto: Blogspot.com)

Boulevard Tahuna adalah suatu kawasan jalur alternatif berupa jalan raya samping pantai yang menawarkan pesona teluk Tahuna. Barisan rumah makan menawarkan aneka jajanan terlihat di kawasan ini. Bagi yang suka Seafood ikan bakar dabu-dabu kangkung Cah.. Boulevard Tahuna adalah tempatnya. Rumah makan yang menawarkan ikan bakar Sea food antara lain; RM. Selera Bahari, RM. Tepi Laut, RM. Sunset dan RM. Paradise. Aneka jajanan berbagai jenis juga terdapat di kawasan kuliner ini. Disore hari tinjauan Sunset yang sempurna menjadi konsumsi harian yang romantis. dan di pagi hari dapat menjadi arena joging dengan melewati ikon jembatan Boulevard muara Towo’e dan pelabuhan terapung.

  1. Air Tejun Sura Kakewang
Seorang pengunjung sedang berenang Air Tejun Sura KakewangSangihe Sulawesi Utara (Foto : abadikini.com)

Bagi yang suka petualangan dan wisata alami Air Terjun. Sura kakewang adalah destini yang wajib dikunjungi. Lokasi air terjun di berada di kecamatan Kendahe Sangihe. dari jalan raya kita harus melewati perkebunan dengan durasi tempuh sekira 1 jam.Dikecamatan Kendahe juga terdapat Air tejun Pempanikiang yang memiliki karekateristik yang mirip namun memiliki keindahan tersendiri.

Air terjun lain yang tak kalah menarik adalah Air Terjun Kadadima, Air Terjun Basauh, Air terjun Batuputih, Air Terjun Bala Apapuhang, Air Terjun ngurah lawo, Air Terjun Kauhis, Air Terjun Puirang, Air Terjun Mangki, Air Terjun Tedunang, Air Terjun Mandoi, Air Terjun Malisade  dll.

(RIV)

 

Check Also

Sulsel Dimata Wisman Australia

JELAJAH NUSA – Indonesia membentang dengan berbagai alam yang indah,budaya yang kaya kreasi dan kuliner …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id