Sunday , June 24 2018
Home / Aktivitas / Tempat Ini Disebut-Sebut Sebagai Titik Tengah Indonesia

Tempat Ini Disebut-Sebut Sebagai Titik Tengah Indonesia

Posisi Titik Tengah Indonesia d Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan ( Foto : Bugiswarta.com )

JELAJAH NUSA – Mau tahu di mana letak pasti titik tengah Indonesia? Pertama, ambil peta Indonesia lalu lipat secara horizontal dan vertikal. Titik pertemuan lipatan tersebut tidak lain ialah titik tengah Indonesia. Tapi bukan itu, ini tempat titik tengah Indonesia.

Selama ini orang mengenal Titik Tengah Indonesia berada di Kota Makassar, spadahal salah. Di halaman Bugiswartaa dan Liputan 6, titik tengah Indonesia ternyata berada di Desa Umpungeng yang berada di Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Desa Umpungeng sebuah dusun terpencil yang lokasinya sekitar 100 km utara kota Makassar. Di desa ini, ada satu lokasi yang dijuluki sebagai “posi’na tanae” artinya dalam bahasa bugis berarti pusar (pusat) tanah. Lokasi tersebut merupakan tanah lapang yang dibatasi oleh bebatuan besar yang membentuk lingkaran.

Di tengah-tengah tanah tersebut, terdapat batu yang menutupi sebuah lubang yang ada dibawah tanah yang merupakan penanda titik tengah indonesia berada. Menurut penuturan penduduk setempat, lubang tersebut tidak memiliki dasar sehingga penduduk terdahulu harus menutupinya dengan batu besar.

Dengan dibatasi oleh pagar kecil, pengunjung diperbolehkan untuk melihat lebih dekat bahkan menyentuh batu tersebut. Uniknya, menurut salah satu penuturan penduduk setempat, hanya di tanah tersebut rerumputan dapat tumbuh dengan baik, sehingga pengunjung diarahkan untuk lebih berhati-hati ketika menginjakkan kaki disana. Sayangnya, desa ini masih sulit untuk diakses oleh beberapa orang yang menggunakan dengan kendaraan roda dua maupun empat dikarenakan jalanan yang tidak rata dan curam.

(RIV)

 

 

Check Also

Lewat Nasi Pincuk Pemkot Madiun Pecahkan Rekor MURI

JELAJAH NUSA — Sebuah pencapaian gemilang berhasil diraih Pemerintah Kota Madiun tahun ini yakni dengan  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id