Monday , December 18 2017
Home / Aktivitas / Bengkulu Siapkan 50 hektar Kebun Teh Untuk Destinasi

Bengkulu Siapkan 50 hektar Kebun Teh Untuk Destinasi

Salah satu suasana perkebunan teh di Kepahyang, Bengkulu. Foto:IG

JELAJAH NUSA –  Provinsi Bengkulu akan membuka destinasi wisata baru dengan tema “Kampung Teh”, wisata ini akan berlokasi di perkebunan teh Kabupaten Kepahiang.

Pelaksanaan tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyebutkan untuk lahan sudah tersedia seluas 50 hektare.

“Perusahaan kebun teh disana sudah habis izin HGU, Pemerintah Bengkulu juga punya saham di sana, saat pengajuan saya tolak perpanjangan kalau tidak memberikan 50 hektare untuk buat destinasi wisata baru,” kata dia di Bengkulu, belum lama ini.

Menurut Rohidin perusahaan telah menyetujui. Saat ini segera akan dibangun sejumlah infrastruktur yang akan dikelola bersama oleh pemerintah daerah, perbankan dan pihak terkait lainnya.

“Jadi setiap pemerintah daerah diberi satu hektare untuk dibuat villa, dengan model yang ditentukan, bukan bangunan-bangunan biasa seperti cottage atau guest house, begitu juga yang dikelola perbankan,” kata dia lagi.

Sisa lahan akan mempertahankan bentuk dari kebun teh. Lalu di samping perkebunan akan dibangun perumahan untuk buruh tani pemetik teh.

 “Nanti buruh pemetik teh akan kredit KPR untuk perumahan yang telah disediakan.”

Jadi nanti para turis akan merasakan alam yang sejuk dan indah. Mereka juga bisa menikmati suasana perkebunan teh dengan perkampungannya.

“Jika sudah terealisasi ini akan menjadi salah satu daya tarik wisata Bengkulu,” ucapnya.

Bengkulu lanjut dia perlu mengeksplorasi peluang-peluang wisata baru untuk memperkaya destinasi (tujuan wisata), sehingga pelancong memiliki pilihan yang cukup banyak jika berkunjung ke daerah yang terkenal dengan Bunga Rafflesia ini.

“Tetapi ini harus digarap serius, tidak cukup hanya pemerintah daerah, tetapi juga stakeholder, dan yang terpenting masyarakat. Semua upaya pemerintah akan semakin mudah jika ada dukungan positif masyarakat,” ujarnya.

Pada dasarnya pemerintah siap men-support pihak ketiga yang ingin berkontribusi dalam pembangunan pariwisata di Provinsi Bengkulu. Termasuk kemudahan regulasi bagi investasi.

(adh)

Check Also

Bali Beri Diskon Besar-besaran

JELAJAH NUSA – Kini saatnya berlibur ke Bali. Mulai Rabu (13/12/2017) sampai 31 Maret 2018 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id