Tuesday , September 26 2017
Home / Aktivitas / Muhamad Rizki Sutrisna: Bekerja Di Hotel Harus Banyak Action

Muhamad Rizki Sutrisna: Bekerja Di Hotel Harus Banyak Action

Muhamad Rizki Sutrisna, Marketing Communications and Public Relations Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Puncak, Cipanas,Cianjur. Foto:Jelajah Nusa/adhi

JELAJAH NUSA – Dalam bisnis perhotelan action nyata adalah kunci sebuah keberhasilan. Bagaimana berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk semua pengunjung agar loyal terhadap hotel. Memberikan perhatian pada lingkungan sekitar dan tentu yang tak kalah penting adalah bisa menyampaikan knowledge management hotel dengan baik.

Dasar-dasar inilah yang tampaknya dipegang teguh, Muhamad Rizki Sutrisna sebagai Marketing Communications and Public Relations Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Puncak Jl Hanjawar,Ciloto,Cipanas,Cianjur, Jawa Barat.

Pernah bekerja di media besar membuat dirinya sangat piawai dalam berkomunikasi. Saat ini dirinya tak hanya sebagai icon saja  tetapi juga bagian dari “etalase” hotel yang baru beroperasi belum genap satu tahun itu.

Pekerjaannya sebagai “orang penting” dalam meningkatkan brand maupun konsumen baik secara langsung maupun tidak  menjadi tanggungjawab yang harus dia emban dengan baik.

“Ya begini tugas saya, harus menyampaikan seisi hotel agar tamu tahu apa saja fasilitas yang disediakan hotel. Dengan cara seperti ini mereka akan merasa seperti berada di rumah sendiri,” kata Rizki saat ditemui Jelajah Nusa belum lama ini.

Seorang pengunjung Hotel Sahid tampak menikmati pemandangan penggunungan yang indah. Foto:Jelajah Nusa/Adhi

Meski ritme kerja terjadwal, namun terkadang ia harus melewati batas-batas waktu. Bahkan terkadang harus pulang sampai larut malam.

“Gak selalu begitu sih, biasanya pas ada event saja  kita pulang sampai malam. Lebih pada persiapan yang harus benar-benar matang, supaya pada pelaksanaan acara nanti tak ada yang kurang. Semua bisa berjalan mulus,” ujar Rizki ketika ditanya bagi mana membagi waktu antara pekerjaan dan libur.

Menurut Rizki, kreativitas menjadi sangat penting dalam dunia perhotelan. Dalam keadaan apapun, contohnya di saat tingkat okupansi hotel sedang sepi, dirinya terus mencoba melakukan segala cara untuk memperkenalkan hotel yang dipimpinnya agar diminati pengunjung.

Suasana di resepsionis Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Puncak . Foto:Jelajah Nusa/adhi

“Kuncinya kita harus terus berusaha. Apapun harus dicoba, kita gak akan pernah tau kita sukses atau tidak, jika kita tidak melakukan sesuatu,” ujarnya.

Lain soal jika dalam kenyataan usaha yang dilakukan salah atau kurang berhasil.

“Tapi paling tidak  kita pernah berusaha agar kedepannya bisa melakukan strategi baru yang menghasilkan peningkatan bagi perusahaan,” tambahnya.

Rizki sendiri merasa bangga karena Hotel Sahid Eminence tempat ia berakarir  telah menjadi pilihan utama para wisatawan yang berlibur ke kawasan Puncak. Hotel yang telah melaksanakan soft opening pada 10 Desember 2016 itu langsung diserbu para wisatawan lokal dan mancanegara.

Terbukti sampai saat ini tingkat okupasi hotel ini selalu ramai, bahkan banyak para wisatawan yang harus mengubah jadwal reservasinya lantaran hotel selalu full book.

Konsep Eco Green juga diterapkan di Sahid Eminence Hotel Convention & Resort Puncak dengan menyediakan taman kecil di ruang lobby. Foto:Jelajah Nusa/adhi

Selama ini tamu hotel dari Timur Tengah sangat dominan. Mereka bisa tinggal 4-7 hari untuk berlibur sekaligus menikmati keindahan alam puncak dan sekitarnya. Oleh sebab itu sebagian besar karyawan harus belajar kulture timur tengah dan bahasa yang dipergunakan.

“Beberapa weekend kemarin hotel kita selalu full book oleh wisatawan asing dan lokal. Sehingga kami menyarankan calon tamu harus booking minimal tiga hari sebelumnya agar tidak kehabisan room,” jelas  Rizki Sutrisna.

Hotel yang menjelma menjadi pusat perhatian baru para wisatawan di kawasan Puncak tersebut menawarkan ‘Fun Family Package’ dengan harga mulai dari Rp1,28 juta sudah termasuk breakfast untuk 2 dewasa dan 2 anak anak.

Selain itu juga tamu hotel akan mendapatkan discount 15% tiket Taman Safari Indonesia dan 2 tiket rekreasi di salah satu tempat wisata di puncak.

“Pada Maret lalu kami meluncurkan paket ‘Fun Family’ yang cocok bagi keluarga. Anda dapat membawa seluruh anggota keluarga untuk berlibur di kawasan Puncak dan menginap di Hotel dengan fasilitas bintang lima yaitu di Hotel Sahid Eminence,” tambah Rizki.

Sahid Eminence Ciloto sejatinya merupakan hotel bintang 4 tapi memiliki fasilitas layaknya bintang 5. Hotel tersebut terletak di Jalan Hanjawar, Ciloto, Puncak, sekitar 150 meter dari jalan utama menuju ke Kota Bunga.

Dengan 379 kamar yang dimilikinya, Sahid Eminence Ciloto menyediakan fasilitas pendukung seperti fitness center, spa, private jacuzzi, children playground, dan 14 meeting rooms termasuk ballroom dengan kapasitas hingga 1.000 orang.

Sahid Eminence Ciloto juga memiliki fasilitas jogging track dengan pemandangan alam yang indah, sawah, mini zoo, bird cage and wedding chapel.

Nama : Muhamad Rizki Sutrisna

Tempar tgl lahir : Sukabumi, 14 Desember  1993

Pendidikan :

  • S1 Manajemen Universitas Pakuan Bogor
  • Saat ini sedangg melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Pakuan Bogor  jurusan Manajemen Marketing
  • Menjadi instruktur statistika, Riset Marketing dan Riset operation selama 2 tahub di Laboratory Unpak.

Pengalaman kerja :

  • Di RCTI, MNC Group, Royal Safari Garden dan saat ini di SAHID Eminence Hotel Convention and Resort.
  • Pernah menjadi mahasiswa berprestasi pada tahun 2013, pernah menjadi juara Lomba Karya Tulis Ilmiah tentang Masyarakat Ekonomi Asean.
  • Tingkat Mahasiswa: Pernah penjadi anggota Purba Paskibraka Indonesia pada tahun 2010, menjadi pengibar bendera merah putih pada 17 agustus 2017 di Kabupaten Sukabumi.Pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan

(adh)

Check Also

Helic Diharapkan Bisa Mendorong Profesionalisme GM Hotel

JELAJAH NUSA – Ketersediaan Sumber daya manusia (SDM) perhotelan sejauh ini masih menjadi persoalan tersendiri, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id