Tuesday , September 26 2017
Home / Aktivitas / Situ Cileunca Pangalengan Menebar Pesona

Situ Cileunca Pangalengan Menebar Pesona

Situ Cileunca,Pengalengan,Kabupaten. Foto: IG-Ngariungjabar

JELAJAH NUSA – Bagi penghobi ketenangan dan kedamaian di alam terbuka hijau,  tempat wisata di Pangalengan Bandung ini sangatlah tepat. Perpaduan antara panorama keindahan alam yang asri serta  hamparan air berwarna biru jernih sungguh memikat hati.

Semilir hembusan angin yang terasa dingin menerpa wajah menyusup ke dalam jiwa sehingga mampu menghilangkan segala dahaga dari rasa haus dan rindu akan nikmatnya berwisata di alam terbuka.

Ya, Situ Cileunca yang menghampar seluas  1.400 hektar dihimpitan perbukitan nan hijau mampu menghadirkan suasana wisata yang tak membosankan baik pagi,siang maupun menjelang malam.

Situ ini  awalnya bernama Situ Bandung  yang berada dutengah  areal hutan belantara. Sampai pada tahun 1918 kemudian kawasan ini dibuat sebuah situ yang berfungsi untuk sumber kebutuhan air warga setempat oleh seorang meneer berkebangsaan Belanda.

Perlu diketahui, Situ Cileunca memiliki kedalaman hingga 17 meter dengan warna air yang sangat bening. Sebagai salah satu danau di Bandung yang difungsikan sebagai Objek Wisata di Bandung Selatan,banyak sekali para pengunjung atau wisatawan yang datang ke sini untuk mencoba merasakan atau menikmati keindahan serta pesona dari Situ Cileunca.

Oleh sebab itu tak jarang menurut penjaga Situ Bandung ini,para pengunjung atau wisatawan yang pernah datang ke sini tak cukup satu kali saja,mereka dalam waktu dan kesempatan yang berbeda akan kembali datang.

“Sekali datang, maka akan datang lagi. Selalu rindu melewatkan liburan disini,” kata Rani bersama suaminya saat ditemui Jelajah Nusa, belum lama ini

Apa saja sih yang menjadi daya tarik serta pesona dari objek wisata di Bandung ini ? sehingga begitu menariknya buat orang selalu datang dan datang lagi ke sini ?

Ada Camping Ground – pengelola tahu betul bagaimana cara menikmati keeksotisan kawasan Wisata Situ Cileunca Pangalengan di malam hari yang romantis dan dingin.Dengan disediakan areal Camping yang sangat cukup memadai,menjadikan Situ Cilenuca sebagai Bumi Perkemahan lainnya yang ada di Bandung selatan selain Ranca Upas.

Kalau  di Ranca upas Anda bisa mendapatkan sensasi camping di tengah hutan konservasi yang elok,maka camping di Situ Cileunca juga ada  sensasi bagaimana cara menikmati alam di pinggir danau yang dingin di malam hari.

Rafting – manfaat Situ Cileunca Pangalengan ternyata bukan hanya dijadikan sebagai sumber mata air bersih warga bandung dan juga Pembangkit listrik tenaga air ( PLTA ),akan tetapi tempat wisata di Bandung ini pun dimanfaatkan sebagai salah satu tempat rafting air yang sangat menantang.

Kegiatan Rafting di Pangalengan tepatnya di Situ Cileunca ini adalah menggunakan air keluaran dari bendungan Cileunca ( PLTA ) yang cukup deras dan tentunya menantang adrenalin untuk bisa menaklukannya.

Ingin menikmati wahana air, bisa menaiki perahu untuk berkeliling danau sambil melihat dengan dekat bagaimana beningnya air danau dengan menyentuhnya langsung,merasakan hembusan angin sejuk kedingin-dinginan dari arah perbukitan yang menerpa wajah.

Bosan, bisa pindah ke Kebun Strawberry dan Arbei. Sama seperti daerah wisata yang berada di dataran tinggi dan berhawa dingin,maka di kawasan wisata Situ Cileunca Pangalengan ini pun, pengunjung dengan mudah mendapatkan buah strawberry dan arbei yang segar dan langsung dari pohonnya.

Untuk bisa ke lokasi Kebun Strawberry ini,pengunjung harus menggunakan alat  transportasi Perahu untuk menyebrang dengan tarif  tak lebih dari Rp.10.000/orang.

(adh)

Check Also

Helic Diharapkan Bisa Mendorong Profesionalisme GM Hotel

JELAJAH NUSA – Ketersediaan Sumber daya manusia (SDM) perhotelan sejauh ini masih menjadi persoalan tersendiri, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id