Tuesday , September 26 2017
Home / Aktivitas / Gratis Landing Fee Bagi Maskapai di Jatim

Gratis Landing Fee Bagi Maskapai di Jatim

Menpar Arief Yahya saat menghadiri pembukaan rute baru Nam Air Jakarta-Banyuwangi. Foto: Ig-kemenpar

JELAJAH NUSA –  Semangat Indonesia Incorporated untuk mendukung pariwisata Indonesia terus menggema. Setelah Angkasa Pura (AP) II memberikan diskon tarif untuk 12 bandara, sekarang giliran PT Angkasa Pura (AP) I yang ikutan action.

AP I langsung menggratiskan biaya pendaratan atau landing fee bagi maskapai yang membuka atau menambah rute baru di Jawa Timur.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha AP I Moch. Asrori mengungkapkan,terobosan tersebut untuk meningkatkan lalu lintas wisatawan di Jawa Timur dengan menggandeng Maskapai.

Diberikan intensif menarik. Dan semuanya, didorong untuk membuka rute baru dan menambah frekuensi terbang.

“Dengan bertambahnya rute baru dan frekuensi terbang, pergerakan penumpang akan bertumbuh sehingga mendorong industri pariwisata daerah,” ujarnya, baru-baru ini.

Selain jurus jitu tadi, AP I juga telah meningkatkan traffic movement dari 25 per jam menjadi 27 per jam. Langkah itu diyakini bisa menambah kapasitas penumpang hingga satu juta.

Dengan berbagai upaya tersebut, Asrori optimistis bahwa pihaknya mampu mencapai target satu juta wisatawan mancanegara (wisman) Jatim yang dicanangkan Kementerian Pariwisata.

“Jumlah kunjungan wisman pada 2015 naik cukup signifikan, yaitu hingga 54 persen. Tahun lalu kami juga mencatat 612.412 kunjungan wisman ke Jatim melalui Bandara Juanda.

Jumlah itu naik 32 persen jika dibandingkan dengan 2015 yang hanya 463.596 kunjungan,’’ katanya.

Insentif landing fee ini diyakini bakal efektif. Selain mendrive maskapai ke daerah tujuan wisata, hal ini juga sangat ampuh untuk mengurai kepadatan saat peak season.

Pemberian insentif ini juga merupakan salah satu inovasi dan strategi dari PT Angkasa Pura I (Persero) untuk dapat mengoptimalkan kinerja bandara serta memberikan alternatif pilihan jadwal penerbangan bagi masyarakat.

(adh)

Check Also

Helic Diharapkan Bisa Mendorong Profesionalisme GM Hotel

JELAJAH NUSA – Ketersediaan Sumber daya manusia (SDM) perhotelan sejauh ini masih menjadi persoalan tersendiri, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id