Tuesday , September 26 2017
Home / Aktivitas / Candi Borobudur Pecahkan Rekor Kunjungan Tertinggi

Candi Borobudur Pecahkan Rekor Kunjungan Tertinggi

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi Borobudur naik hingga 100 persen. Setiap hari 1.400 orang menikmati pemandangan di sekitar candi. Foto : Dok.

JELAJAH NUSA – Candi Borobudur makin mendunia. Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke candi yang berad Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ini meningkat 100 persen. Kalau sebelumnya wisman yang datang sekitar 700-800 orang perhari, kini bisa mencapai 1.400 per hari.

“Wisman yang datang ke Candi Borobudur di dominasi dari Belanda,Jepang dan Malaysia. Belakangan baru menyusul dari Tiongkok,” jelas Manajer Layanan  Manajer Layanan Taman Wisata Candi Borobudur A.Y. Suhartanto.

Peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ini,lanjutnya, juga tak lepas bersamaan dengan adanya masa liburan di Eropa.

“Peningkatan kunjungan wisman tersebut terjadi sejak Juli 2017 karena masa liburan sekolah di Eropa terjadi pada Juli-Oktober,” katanya.

Menurut Suhartanto, kunjungan wisman saat ini didominasi dari Belanda, Jepang, dan Malaysia.

“Prospek kunjungan wisman dari Malaysia cukup bagus. Demikian juga wisman dari Tiongkok, yang akhir-akhir ini juga meningkat.”

Ia mengatakan, untuk kunjungan wisatawan Nusantara, ada peningkatan dari tahun lalu. Kunjungan wisnus sekarang sekitar 5.000-7.000 orang untuk hari Senin-Jumat. Kalau hari Sabtu-Minggu bisa mencapai 12 ribu-15 ribu orang.

Puncak kunjungan wisnus terjadi saat liburan Lebaran, liburan akhir tahun, dan liburan sekolah.

“Pada masa-masa liburan tersebut, pengunjung Candi Borobudur setiap hari bisa mencapai puluhan ribu orang,” kata Suhartanto.

Borobudur belum lama ini juga menjadi salah satu tujuan kunjungan Presiden Amerika Barack Obama beserta keluarga. Obama menyatakan kekagumannya terhadap Borobudur sehingga ia pun memilih memperpanjang waktu untuk bisa melihat-lihat relief candi.

(adh)

Check Also

Helic Diharapkan Bisa Mendorong Profesionalisme GM Hotel

JELAJAH NUSA – Ketersediaan Sumber daya manusia (SDM) perhotelan sejauh ini masih menjadi persoalan tersendiri, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id