Tuesday , October 17 2017
Home / Aktivitas / Tari Gandrung Banyuwangi Masuk di Istana Negara

Tari Gandrung Banyuwangi Masuk di Istana Negara

Tari Gandrung asal Bayuwangi tahun ini berkesempatan tampil di Istana negara dalam rangka HUT RI. Foto: IG

JELAJAH NUSA – Tari kebanggaan masyarakat Banyuwangi, Gandrung, kembali mendapatkan kehormatan untuk tampil di perhelatan resmi nasional di Istana Negara. Tarian itu bakal menyemarakkan peringatan kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, penampilan tari Gandrung dalam acara resmi nasional merupakan kehormatan bagi warga daerah.

Sebelumnya, seniman-seniman belia Banyuwangi juga membawakan tari Gandrung pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober tahun lalu di hadapan Presiden Joko Widodo.

“Ini merupakan apresiasi tinggi dari pemerintah pusat, dari Presiden, dari kementerian terkait dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang menjadi panitia, terhadap kekayaan seni budaya Nusantara. Artinya, kita semua sepakat bahwa keragaman seni budaya Nusantara ini bukan menjadi pemecah belah, tapi perekat bangsa,” ujar Anas.

Bupati berusia 43 tahun itu menambahkan, dengan diundangnya kesenian daerah ke Istana, para seniman yang membawakannya bakal memperoleh pengalaman berharga tak terlupakan. Apalagi, mayoritas yang tampil adalah anak-anak muda usia Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Seperti pengalaman tampil di peringatan Sumpah Pemuda di Istana pada tahun lalu, menjadi pengalaman tak ternilai bagi pelajar SMA di Banyuwangi yang membawakannya. Ini bisa menjadi spirit bagi anak-anak muda untuk berkarya lebih baik dan lebih keras dalam mengejar mimpi-mimpinya,” papar Anas.

Anas juga berterima kasih kepada seluruh seniman dan budayawan di Banyuwangi yang selama ini terus berkarya tanpa lelah mengembangkan seni-budaya daerah.

“Ada banyak seniman dan budayawan lintas generasi dari tua sampai muda yang terus bersemangat. Karya kreatif mereka juga difasilitasi lewat festival-festival budaya di Banyuwangi,” ujarnya.

(adh)

Check Also

Menpar: Bupati Sukabumi Harus Miliki “CEO”

JELAJAH NUSA – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengingatkan perlunya CEO Commitment, penerapan standar global, dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id