Friday , August 18 2017
Home / Aktivitas / Memburu Pesona Puncak Ulo Kasok

Memburu Pesona Puncak Ulo Kasok

Keindahan Puncak Ulu Kasok di Riau ini sama indahnya dengan Raja Ampat. Foto : IG

JELAJAH NUSA – Ini bukan cuma cerita di dunia maya. Tentang mutu manikam yang terselip dalam balutan perbukitan nan hijau. Keindahan alam Ulu Kasok di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Propinsi Riau memang sungguh nyata.

Sebagai destinasi favorit di Riau kawasan ini tidak saja viral di media sosial namun benar-benar mampu menarik minat belasan ribu orang untuk datang ke puncak bukit Ulu Kasok.

Menikmati keindahan alam Danau PLTA Koto Panjang dari atas bukit Ulu Kasok  memang menghadirkan sensasi yang berbeda.

Lihat saja, setiap akhir pekan bahkan hari-hari biasa pengunjung menyemut. Puluhan mobil dan ratusan sepeda motor tampak silih berganti parkir di sekitar lokasi ini.

Adalah Badawi pemilik lahan sekitar objek wisata tersebut bercerita ia tak menyangka lahannya ini yang semula ditumbuhi semak belukar dan pepohonan ini berubah menjadi lokasi wisata nan indah.

Warga Dusun IV Desa Pulau Gadang ini mengaku sejak 1 Syawal lalu rata-rata orang yang datang ke Ulu Kasok setiap hari sebanyak 1500 orang.

“Pengunjung bisa melihat keindahan danau PLTA Koto Panjang dari puncak bukit. Kita bisa melihat pulau-pulau yang indah. Di sini banyak lokasi selfie yang menarik. Kita sediakan beberapa ayunan. Ada delapan rumah pohon yang kita siapkan,” beber Badawi bersemangat.

Tidak hanya di akhir pekan, pada hari biasa Ulu Kasok tetap ramai dikunjungi. Foto: IG

Bagi yang ingin menikmati dari dekat keindahan danau PLTA Koto Panjang dan memancing, pengelola menyediakan perahu dan siap antar jemput ke pulau yang dituju.

Untuk masuk ke lokasi Ulu Kasok, pengunjung dikenakan biaya masuk yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp 10 ribu per orang.

Dari Kota Pekanbaru, Riau, jarak tempuh ke Ulu Kasok jika jalanan tidak padat hanya satu setengah jam. Lalui saja jalan nasional Pekanbaru-Bangkinang hingga jalan lintas Pekanbaru-Payakumbuh, Sumatera Barat. Lokasi ini hanya beberapa menit setelah pintu bendungan PLTA Koto Panjang.

Ulu Kasok menyajikan tiga objek wisata, di antaranya Air Terjun Ulu Kasok. Selanjutnya, wisata pulau dengan naik speedboat untuk berkeliling ataupun mengitari pulau, dan terakhir adalah Puncak Ulu Kasok.

Dari ketiga objek ini, Puncak Ulu Kasok menjadi primadona dan paling diburu wisatawan. Lokasinya berada di tepi jalan lintas tadi. Hanya saja dibutuhkan ekstra tenaga karena pengunjung harus berjalan kaki dan mendaki lebih dari 500 meter untuk sampai ke puncak.

Jangan khawatir, sekalipun meneteskan keringat cukup banyak, sesampai di puncak akan disuguhi pemandangan indah seolah sedang melihat Raja Ampat, Papua Barat.

Salah seorang pengunjung memanfaatkan momen untuk berfoto dengan latarbelakang lebih dekat ke Danau Ulu Kasok. Foto: IG

Di atas juga sudah banyak penjual minuman serta disediakan lokasi foto dan tempat duduk menikmati keindahan alam.

Buat mengelilingi pulau, pengunjung harus memutar lebih dahulu. Sayangnya, pulau ini belum tergarap dengan maksimal dan masih butuh perhatian lebih pemerintah setempat. Maklum, objek wisata ini baru sampai ke telinga publik sekitar tiga bulan terakhir.

(adh)

Check Also

Dari Festival Fashion Jember 2.000 Kamar Hotel Ludes

JELAJAH NUSA –  Jika ingin menaikan kunjungan wisata, pemerintah daerah harus kreatif dan lebih sering …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id