Tuesday , October 17 2017
Home / Aktivitas / Ini Syarat Wajib Sebelum Mendaki Gunung

Ini Syarat Wajib Sebelum Mendaki Gunung

Mendaki gunung harus memperhatikan logistik karena energi akan terkuras. Foto: IG-gunungdanpendaki

JELAJAH NUSA – Dalam lima tahun ke belakang, tren  mendaki gunung meningkat. Seiring berkembangnya teknologi fotografer kian mendorong sebagian kalangan remaja menggeluti hobi penuh tantangan. Ada memang pendaki tulen, tetapi banyak juga yang hanya ingin melakukan selfie diketinggian.

Namun apapun motivasinya, kegiatan mendaki gunung memang cukup menyenangkan. Itu sebabnya, kegiatan seperti ini semakin banyak dilakukan orang akhir-akhir ini. Padahal kalau dipikir-dipikir mendaki gunung itu sangat melelahkan.

Lalu kenapa masih banyak orang yang mendaki gunung?.

Jawabannya bisa bervariasi tergantung kepada siapa pertanyaan itu diajukan. Namun yang jelas, mendaki gunung adalah kegiatan yang menyenangkan. Kita akan lebih dekat dengan alam dan bisa menyaksikan berbagai macam keajaiban dan keindahan yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Barangkali masih banyak orang yang mengira bahwa mendaki gunung adalah hobi yang murah. Tinggal modal fisik yang kuat dan nyawa, lalu jadi. Tidak seperti itu juga, guys.

Mendaki gunung sebenarnya termasuk hobi yang lumayan mahal. Kalau tidak percaya, coba kalkulasikan berapa total uang yang harus dikeluarkan untuk membeli seluruh peralatan standard seperti carrier, sleeping bag, tenda, cookset, sepatu serta outfit.

Kita memang bisa menyewa beberapa peralatan, namun kalau mendaki gunung sudah kita jadikan sebagai hobi, rasanya akan semakin afdol kalau kita memiliki peralatan sendiri.

Ongkos yang kita keluarkan untuk mendaki tidak berhenti pada peralatan saja. Saat mendaki kita tentu juga membutuhkan ongkos perjalanan.

Nah, berikut ini ada beberapa tips sebelum memutuskan mendaki gunung:

  1. Siapkan Carrier

Tergantung merk dan kapasitas. Semakin terkenal merk dan semakin besar kapasitas, semakin mahal pula harganya. Idealnya, kapasitas carrier untuk mendaki adalah 60 liter atau lebih. Semakin besar kapasitas semakin banyak pula barang yang bisa dibawa

  1. Tenda

Tenda juga merupakan perlengkapan yang sangat penting. Kita membutuhkannya sebagai rumah portable untuk bermalam. Harga tenda sendiri juga bervariasi tergantung dari kapasitas serta merk. Sebagai contoh untuk sebuah tenda merk Rei dengan kapasitas 4 orang. Harganya sekitar Rp 600.00.

  1. Sleeping bag

Udara di gunung berbeda dengan udara di rumah. Lebih dingin. Semakin tinggi gunung yang kita daki akan semakin dingin pula udaranya karna tekanan udara yang semakin rendah. Untuk menghangatkan diri kita membutuhkan sebuah perlengkapan yang dinamakan sleeping bag alias kantung tidur.Sleeping bag yang bagus adalah sleeping bag yang bagian dalamnya dilapisi bahan polar, sedangkan bagian luarnya terbuat dari bahan yang anti air. Untuk dua fitur tersebut, kisaran harganya adalah Rp 235.000 (untuk merk Rei).

  1. Sepatu

Sepatu gunung sebenarnya bukan perlengkapan wajib karna pada kenyataanya banyak pendaki yang ketika melakukan pendakian tidak mengenakan sepatu gunung. Namun, sepatu gunung akan menjadi wajib kalau kita hendak mendaki sebuah gunung dengan track berpasir dan berbatu seperti Semeru, Rinjani, Slamet, Raung, atau bahkan Kerinci. Sangat beresiko kalau kita tidak mengenakan sepatu ketika mendaki “gunung yang sesungguhnya” seperti yang telah disebutkan tadi.

  1. Jaket

Sama seperti sleeping bag, jeket gunung juga berfungi untuk memberikan rasa sangat serta menjaga suhu tubuh. Jangan sok yes dengan tidak mengenakan jaket gunung ketika mendaki, terutama kalau melakukan pendakian pada malam hari. Kriteria jaket jaket gunung yang bagus juga tidak jauh beda dengan sleeping bag. Yakni bagian dalamnya terbuat dari bahan polar serta bagian luarnya terbuat dari bahan yang waterproof.

  1. Nesting

Apa itu nesting? Nesting merupakan alat serbaguna. Bisa digunakan untuk masak, bisa digunakan untuk makan. Kita membutuhkan alat ini untuk bertahan hidup di gunung. Harga satu set nesting standard berada di kisaran Rp 140.000.

  1. Kompor

Sudah bawa nesting tapi lupa bawa kompor? Sama juga bohong. Mau masak pakai apa? Kompor merupakan peralatan yang (sangat) penting ketika kita mendaki gunung. Keberlangsungan hidup kita di gunung akan terancam kalau lupa membawa kompor. Harga kompor gunung ini tidak terlalu mahal. Sekitar Rp 135.000 untuk kompor standard (bukan windproof).

  1. Matras

Matras juga merupakan perlengkapan yang cukup penting. Kita membutuhkannya sebagai alas tidur di tenda. Beberapa pendaki juga menjadikan matras sebagai sajadah serta body carrier. Jadi, alat ini memang sangat penting. Dari semua perlengkapan mendaki, harga matras adalah yang paling murah. Kita bisa mendapatkan matras hanya dengan uang Rp 45.000. Tentu ada juga matras yang harganya lebih mahal. Tergantung merk.

(adh)

Check Also

Kejuaraan Selancar Dunia Cimaja Dimulai

Menteri Pariwisata Arief Yahya pagi ini sekitar pukul 09.15 WIB membuka kejuaraan selancar dunia yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id