Tuesday , October 17 2017
Home / Aktivitas / Pemda Harus Kreatif Mengelola Pariwisata

Pemda Harus Kreatif Mengelola Pariwisata

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Agung Suryamal Sutrisno (paling kanan) foto bersama seusai acara Silahturahmi Keluarga Besar BPD PHRI Jawa Barat di Hotel Horison, Kamis (27/7/2017) malam. Foto : Indra

JELAJAH NUSA – Ketua Kamar dan Dagang Industri (Kadin) Jawa Barat Agung Suryamal Sutrisno mengemukakan bahwa pentingnya pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat mengelolah potensi pawirisata dengan lebih kreatif dan inovatif. Hal ini untuk menghindari ketertinggalan dengan daerah lain yang kini terus berupaya meng-upgrade objek wisata yang dimiliki.

“Kita tidak bisa lagi bertahan dengan destinasi klasik yang ada seperti Takuban Perahu atau Angklung Mang Ujo. Perlu inovasi baru untuk bisa lebih mendorong wisatawan datang ke Jawa Barat,” demikian disampaikan dalam acara Silahturahmi Keluarga Besar BPD PHRI Jawa Barat di Hotel Horison, Kamis (21/7/2017) malam.

Agung mengilustrasikan bagaimana Provinsi Jawa Timur begitu cepat meng-eksplore potensi pariwisata. Semua sarana pendukung disiapkan. Tidak saja dalam hal infrastruktur sebagai komponen penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, tetapi juga kemampuan dalam menggerakan seluruh stakeholder untuk bersama-sama membangun pariwisata lebih menarik dan berkualitas.

“Belum lama ini saya berkunjung ke Jawa Timur. Mereka memiliki Jatipark dan Museum Otomotif. Pemerintah daerahnya terus melakukan inovasi karena mereka sadar betul di era milineal seperti sekarang  kecepatan dalam merespon perubahan sangat penting,” katanya.

Tentu pemerintah Provinsi Jawa Barat juga bisa melakukan hal yang sama. Bagaimana memunculkan wahana baru atau memperbanyak spot destinasi kebudayaan dan kesenian. Apalagi jika dilihat potensi pariwisata di Jawa Barat sangat besar.

Disamping itu, Bandung dan Jawa Barat pada  umum sudah harus mempersiapkan convention center  berstandar international untuk mendukung pelaksanaan destinasi MICE. Apalagi tak lama lagi akan memiliki bandara international Kertajasi sehingga sarana pendukung lainnya juga harus dipersiapkan dari sekarang.

“Soal pembangunan convention center ini sebelumnya pernah digagas sebelumnya, namun hingga saat ini belum juga terealiasasi. Harapan kita secepatnya pembangunan fasilitas MICE itu bisa terwujud,” katanya.

Dibagian lain, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan pihaknya terus berusaha bekerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kunjungan pariwisata ke Bandung.

“Kami juga sudah melakukan kerjasama  joint promotion dengan daerah sekitar Bandung Raya. Tujuannya adalah agar mempercepat pertumbuhan pariwisata di Jawa Barat,” katanya.

Senada dengan Kenny, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Ida Hernida berjanji akan  membantu mendorong semaksimal mungkin agar  seluruh hotel atau pelaku pariwisata dapat mengantongi Sertifikasi Usaha.

“LSU sudah menjadi keharusan, tidak saja sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan pemerintah, tetapi juga meningkatkan performance perusahaan itu sendiri,” katanya.

Acara silahturahmi BPD PHRI Jawa Barat diikuti cukup antusias dari para General Manager Hotel yang ada di Jawa Barat. Selain mendapatkan tausyah dari KH Miftah Faridl, mereka juga mendapatkan share informasi program PHRI Jawa Barat.

Ketua DPD PHRI Jabar Herman Muchtar, misalnya,  menyampaikan progress bahwa   kebersamaan pelaku industri perhotelan dan restoran  di Jawa Barat semakin tumbuh. Hal terkecil yang bisa terlihat adalah dalam pelaksanaan acara silahturahmi  ini, dimana sebelumnya selalu dikerjakan oleh pengurus PHRI.

“Tapi sekarang semua hotel ikut terlibat. Ada yang menyediakan tempat, jamuan  makan dan lainnya. Jadi kalau tadi ada yang tanya kok menu rendangnya enak ya. Nah itu, disiapkan oleh Hotel Grand Asrilia,” ungkap Muchtar yang disambut tepuk tangan yang hadir.

(adh)

Check Also

Menpar: Bupati Sukabumi Harus Miliki “CEO”

JELAJAH NUSA – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengingatkan perlunya CEO Commitment, penerapan standar global, dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id