Wednesday , October 18 2017
Home / Aktivitas / Nusa Penida “Telur Emasnya Bali” Yang Menetas

Nusa Penida “Telur Emasnya Bali” Yang Menetas

Salah satu keindahan panorama Nusa Penida Bali. Foto : IG Kemenpar

JELAJAH NUSA – Pulau Nusa Penida masih memukau dunia. Keindahan alamnya belum mampu tertandingi. Buktinya, destinasi ini masih menjadi urutan teratas bagi wisatan asing dalam memilih tempat liburan di Indonesia.

Terletak di bagian selatan Bali daratan dan dipisahkan oleh selat Badung, Nusa Penida menawarkan view yang aduhai dengan debur ombak yang membiru. Bukan soal, bagaimana kita sampai ke sana, tetapi menikmati perjalanan mencapai tujuan adalah hal menarik yang menjadi bagian perjalanan wisata ke daerah yang nyaris sempurna ini.

Sarana transportasi laut ke Nusa Penida tersedia seperti sampan tradisional (jukung), boat cepat (speed boat), kapal roro Nusa Jaya Abadi ( moda transportasi utama).

Nusa Penida terdiri atas tiga pulau utama yaitu Nusa Gede, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan-Jugutbatu.

“Telur emasnya Bali” sedang menetas, itulah yang didegungkan bahwa pariwisata Nusa Penida sedang berkembang melesat.

Itu dibuktikan dengan beberapa tahun terakhir Nusa Penida mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.  Ada begitu banyak tempat indah, Unik, Mempesona, Eksotis dan tentunya terbaik untuk menghabiskan liburan Anda di Nusa Penida.

Nusa Penida sendiri merupakan pulau kecil di sebelah Pulau Bali. Luasnya hanya sekitar 200 kilometer persegi dengan populasi 60.000 penduduk. Dengan alamnya yang masih murni, Nusa Penida memiliki pemandangan memukau berupa pantai tenang berpasir putih, gua kapur, tebing karang hingga formasi karst di tepian laut.

Tak berlebihan jika dikatakan Nusa Penida adalah surga yang tersembunyi. Nah, apa saja yang ditawarkan tempat wisata Nusa Penida untuk pengunjungnya? Ini dia beberapa di antaranya.

Teluk Kristal merupakan salah satu wisata Nusa Penida yang menyajikan pantai berpasir putih yang memukau. Teluk ini terletak di Banjar Penida, bagian barat Desa Sakti. Dengan airnya yang sebening kristal, kamu bisa berenang sepanjang hari atau bahkan menikmati keindahan biota bawah lautnya dengan snorkeling.

Jangan heran kalau kamu menemukan banyak burung cantik beterbangan di langit Nusa Penida. Burung-burung ini dilindungi oleh Friends of the National Park Foundation (FNPF) yang mendirikan fasilitas di Nusa Penida pada tahun 2004 untuk melindungi spesies burung langka di Bali dan Indonesia.

Gua Giri Putri

Gua Giri Putri memiliki staklamit (langit gua) yang menjadi daya tarik wisatawan asing. Foto : dok

Wisata Nusa Penida juga menawarkan Gua batu kapur yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Gua Giri Putri yang terletak di Desa Pakraman, Karangsari. Tempat ini dianggap sakral sehingga pengunjung perlu mengenakan sarung untuk memasukinya. Selain menyaksikan kecantikan stalaktit di dalam mulut gua, kamu juga akan menemukan pura unik di dalam gua.

Pura Penataran Ped

Ritual keagamaan di Pura Penataran Ped salah satu objek yang menark dinikmati.

Di Desa Ped yang terletak di pantai utara Nusa Penida, kamu akan menemukan sebuah pura cantik. Pura Penataran Ped dianggap penting bagi penganut agama Hindu di Nusa Penida dan Bali. Mereka melakukan ritual tahunan di pura ini untuk berdoa meminta perlindungan dari penyakit.

Puncak Mundi

Suasana ritual keagamaan di Puncak Mindi. Foto: dok

Puncak Mundi merupakan titik tertinggi di Nusa Penida. Di puncaknya yang memiliki ketinggian 521 meter di atas permukaan laut, kamu akan disuguhi pemandangan membius alam Nusa Penida yang memukau. Tempat ini sempurna untuk menyaksikan sunset maupun sunrise di Nusa Penida.

Mata Air Temeling

Wisatawan asing menyukai air bening Mata Air Temeling. Foto: Dok

Mata Air Temeling menawarkan wisata alam berupa kolam bening yang berasal dari sumber mata air alami. Karena terletak di dekat pantai, kamu akan mendapati pemandangan pantai yang menakjubkan saat menuruni tangga menuju Mata Air Temeling. Hanya dengan membayar Rp10.000,00 kamu bisa berenang sepuasnya di sini.

(adh)

Check Also

Mulai 21 Oktober Sriwijaya Air Jelajahi Raja Ampat

JELAJAH NUSA – Sriwijaya Air Group akan membuka rute penerbangan baru menuju destinasi wisata Raja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id