Home / Aktivitas / Geo Wisata / Menikmati Keasrian Alam Sanghyang Heuluet

Menikmati Keasrian Alam Sanghyang Heuluet

Pesona Alam Sanghyang Heuleut di Kabupaten Bandung Barat.

DESTINASI satu ini masih menjadi tujuan favorit wisatawan domestik. Selain berudara sejuk lokasi ini juga  jarang dikunjungi sehingga alamnya tetap terjaga asri dan bersih. Itu sebabnya, mereka yang pernah datang selalu rindu ingin kembali.

Sanghyang Heuleut, obyek wisata yang terletak di barat Kota Bandung dan berbatasan dengan Kabupaten Cianjur serta Kabupaten Purwakarta memang belum tereksplore dengan baik. Umumnya, wisatawan mengetahui lokasi wisata ini  dari informasi yang mereka peroleh dari teman-temannya dan dari media massa.

Salah satunya adalah Aditya Christy Herdyanto, yang menceritakan keindahan alam Bumi Parahyangan tersebut sebagai mutu manikam yang terpendam. Dalam caption foto yang diberi title #MencobaLariDariKenyataan tersebut pria ini mengkisahkan bagaimana cukup menyenangkan bermain disekitar air yang bening.

Dari undukan batu alam ia bersama teman-temannya bebas terjun ke bawah dan berenang di air yang tenang.

“Mantab banget nih, yang gak bisa berenang juga disiapkan pelampung, jadi aman,” katanya.

Sanghyang Heuleut sendiri mengandung arti tempat suci di antara dua waktu. Keberadaan tempat wisata Sanghyang Heuleut sudah ada sejak lama tetapi baru satu setengah tahun terakhir ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar Bandung.

Sanghyang Heuleut, merupakan salah satu dari tiga bagian Sanghyang. Dua lainnya ialah Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek, yang lokasinya berdekatan dengan Sanghyang Heuleut. Tempat ini adalah obyek wisata tiga danau terasering dan dikelilingi bebatuan serta tebing-tebing terjal.

Banyak yang mempersamakan tempat ini dengan Green Canyon Kabupaten Pangandaran. Selain bebatuan dan tebing, aliran sungai-sungai kecil, pepohonan yang rimbun juga menambah keasrian tempat ini.

Sanghyang Heuleut memiliki kesan alami dengan medan perjalanan menuju lokasi yang menantang, cocok bagi orang-orang yang senang menyusuri hutan belantara.

Sanghyang Heuleut berada di sekitar kawasan PLTA Saguling, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini bisa dikunjungi menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan waktu tempuh kurang lebih satu setengah jam dari Kota Bandung.

(adh)

Check Also

Saatnya Menikmati Keindahan Rinjani

JELAJAH NUSA – Diantara gugusan gunung di Indonesia, Rinjani yang terletak di Pulau Lombok, Nusa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id