Tuesday , October 17 2017
Home / Aktivitas / Sport & Adventure / Babel Matangkan Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1
Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi.

Babel Matangkan Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1

JELAJAH NUSA – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menjadi sorotan dunia menyusul rencana penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O U.I.M Powerboat World Championship).

Adalah Anugerah Holding Pts. Ltd. Singapura, selalu pemegang Lisensi Penyelengaaraan F1H2O U.I.M Powerboat World Championship menyatakan kesiapan untuk bisa menggelar event bergengsi tersebut 2018 mendatang.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi berharap even ini nantinya bisa menarik minat wisatawan mancanegara untuk lebih banyak lagi datang ke Babel.

“Saya berharap jika event ini terselenggara, maka akan lebih banyak lagi wisatawan yang datang ke Babel, baik untuk menikmati liburan maupun aktivitas MICE di wilayah ini.” kata Yan saat berbincang khusus dengan Jelajahnusa, Senin (3/07/2017).

Ditengah kesibukannya, mantan Kepala Dinas Pariwisata Babel ini mengemukakan bahwa pihaknya terus memperbaiki fasilitas pendukung bagi para wisatawan yang berkunjung di kawasan ini.

Beberapa hotel dengan jaringan nasional dan internasional juga beroperasi di Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Babel, yaitu Santika, Novotel, Aston, BW Suite Belitung, Parai Beach Resort, Grand Hatika, Lebong Island Resort dan beberapa hotel lainnya yang siap melayani tamu yang datang.

Sementara Four Seasons juga segera beroperasi, menyatu dengan Bangka Trade Center yang sedang diselesaikan.

“Kami sudah menjual MICE ke luar. Kami berharap aktivitas MICE yang biasanya digelar di Jakarta, Bali, Bandung, Yogyakarta, kini bisa dibagi ke Bangka Belitung,” kata Yan.

Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Jakarta hanya 51 menit ke Pangkalpinang. Setiap hari ada 11 penerbangan ke Bangka, dan 4 penerbangan ke Belitung.

Yan juga menambahkan, pihaknya menggaet berbagai komunitas untuk memperkenalkan pariwisata Babel, mulai dari komunitas sepeda onthel, otomotif, sampai fotografi.

Ke depan, ia akan mengajak komunitas perempuan dan anak-anak untuk datang ke Babel, menikmati keindahan alam wilayah ini.

Masih terkait rencana kejuaraan perahu motor, Yan Megawandi, segera akan melakukan rapat dengan dinas dan pihak terkait untuk mengetahui sejauh mana progres-nya.

“Iya, saya akan cek lagi, bagaimana progres rencana kejuaraan perahu motor ini,” janjinya.

Dibagian lain, General Manager Anugerah Holding Pts. Ltd., Zalinah Jantan, menjelaskan, Formula 1 Powerboat Racing ini adalah olahraga air yang paling spektakuler di dunia.

“Kejuaraan ini diselenggarakan sejak tahun 1981, dan dikelola secara profesional. Sejak awal penyelenggaraannya F1H2O U.I.M Power Boat World Championship ini, telah dilakukan di 41 Venue di seluruh dunia,” paparnya.

Namun demikian, lanjut Zalinah, tidak semua tempat di dunia bisa menyelenggarakan kejuaraan ini, karena kejuaraan ini hanya bisa dilakukan di Cekungan Air, Danau Sungai, Pelabuhan atau pantai yang tenang.

Dan berbagai hal khusus juga harus dipersiapkan di tempat lokasi dari Paddock, Crane, serta peralatan dan fasilitas pendukung lain yang wajib disediakan.

“Seluruh kegiatan ini, diperkirakan harus disiapkan anggaran kurang lebih sebesar 2,8 juta US dollar,” jelasnya.

Dengan Kejuaraan ini, menurutnya, Indonesia, khusus Babel akan memiliki keuntungan seperti eksposur, promosi, memperkuat dan mempertahankan pariwisata Babel baik lokal maupun internasional beserta bisnis spin, dan industri lain terkait.

Ia berharap Pemprov Babel menerima penawaran dan menjadi pelaksana penyelenggaraan F1H2O U.I.M Power Boat World Championship ini tahun depan, yang rencananya di sepanjang Pantai Terentang Bangka Tengah.

(adhi)

Check Also

Perjalanan Hijabers Menaklukan Gunung Bromo

JELAJAH NUSA –  Gunung Bromo yang terletak di perbatasan empat kabupaten yakni Probolinggo, Pasuruan, Malang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id