Home / Destinasi / Kolam Cijanun, Spot Favorit Libur Lebaran di Purwakarta

Kolam Cijanun, Spot Favorit Libur Lebaran di Purwakarta

Kolam mata air Cijanun nan asri. (dok. Diporaparbud Purwakarta)

JELAJAH NUSA – Tak disangka di sebuah pelosok kampung, tepatnya Kampung Cijanun dan Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, menyimpan potensi objek wisata alam yang memesona dan eksotis. Sebuah kolam mata air yang jernih dengan hiasan batu-batu besar. Destinasi wisata yang kian populer ini dikenal dengan nama Kolam Pemandian Cijanun.

Cijanun mulanya hanya sumber mata air terbesar di Purwakarta yang sejak puluhan tahun memasok keperluan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Purwakarta dalam mengolah air bersih. Kini tempat yang berada di dataran tinggi kawasan Gunung Burangrang tersebut mulai menjadi primadona, terutama wisatawan Jawa Barat. Pengelolaannya masih dilakukan secara swadaya oleh warga desa.

Pemandian alam Cijanun menyajikan air yang bersih dan jernih di antara kolam-kolamnya terdapat batu-batu alam yang besar. Aliran airnya tak pernah surut meski di musim kemarau sekalipun. Debit air yang deras, dialirkan melalui pipa yang sedikit disumbat dengan plastik ukuran persegi, sehingga aliran air membuncah membentuk lingkaran air mancur yang deras.

Saat ini baru terdapat satu kolam pemandian berukuran lebih kurang 15×6 meter dengan kedalaman sampai 3 meter. Pihak aparatur desa setempat kini terus mengembangkan objek wisata Cijanun, dengan meningkatkan berbagai penataan. Mereka menilai pemandiaan Cijanun sangat berpotensi menarik wisatawan.

Akses jalan menuju pemandian Cijanun, terbilang mulus dengan jalan cor beton meskipun masih terdapat jalan yang sedikit bebatuan dan terjal. Untuk rutenya dari wilayah Wanayasa ke arah Kecamatan Bojong atau melewati Pasar Bojong Barat, setelah itu melewati kantor Kecamatan Bojong. Dari situ ada pertigaan kemudian belok kanan lurus sampai menemukan Desa Cipeundeuy dan tidak jauh dari desa tersebut sudah dapat menuju ke tempat lokasi wisata alam pemandian Cijanun. (IG)***

 

Check Also

Festival Layang-layang Mampu Dongkrak Wisatawan Pantai

JELAJAH NUSA – Festival nasional layang-layang bertajuk Purworejo Kite Festival di Pantai Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id