Tuesday , October 17 2017
Home / Lifestyle / Elektronik / Inilah Kamera Video Tercepat di Dunia

Inilah Kamera Video Tercepat di Dunia

Foto: lunduniversity.lu.se

JELAJAH NUSA – Kelompok penelitian dari Lund University, Swedia, berhasil mengembangkan sebuah kamera video yang dapat merekam dengan kecepatan 5 triliun gambar per detik atau setara kejadian singkat 0,2 triliun detik. Kamera tersebut mengalahkan karya sebelumnya dari Massachussetts Institute of Technology yang mampu menjepret 1 triliun frame per detik.

Seperti dilansir http://www.lunduniversity.lu.se, kamera film super cepat ini dinamai Frequency Recognition Algorithm for Multiple Exposures (FRAME). Kehebatannya dapat menangkap proses yang sangat cepat dalam kimia, fisika, biologi, dan biomedis yang sejauh ini belum tertangkap dalam film.

Para peneliti telah berhasil mengilustrasikan teknologinya dengan memfilmkan pergerakan partikel cahaya (photon) yang bergerak melintasi jarak setara ketebalan selembar kertas. Pada kenyataannya, hanya butuh satu picosecond, tapi pada film prosesnya telah diperlambat hingga satu triliun kali.

Pengembangan teknologi kamera ini, bertujuan untuk mempelajari aneka event sains yang berlangsung dalam durasi amat sangat singkat dalam skala femtosecond (sepertriliun detik). Salah satu contohnya, seperti proses reaksi kimia yang rata-rata hanya memakan waktu 200 femtosecond atau durasi getaran atom di molekul yodium yang hanya 300 femtosecond.

Secara teknis, cara kerja kamera FRAME berbeda dengan kamera foto pada umumnya. Kamera berkecepatan tinggi pada biasanya menangkap gambar (frame) satu per satu dalam sebuah sekuens dengan memakai lampu kilat biasa. Sedangkan kamera ini, menggunakan “kode” kilatan cahaya atau algoritma inovatif sebagai bentuk enkripsi untuk menangkap beberapa gambar dalam satu frame, kemudian memisahkannya ke dalam sekuens video.

Kini, Lund University tengah melakukan kerjasama dengan sebuah perusahaan Jerman untuk mengembangkan prototipe teknologi kamera FRAME agar dapat digunakan khalayak umum. Diperkirakan proyek tersebut akan rampung dalam waktu dua tahun ke depan. (IG)*

Check Also

Dengan Senyum Bisa Bayar Pesanan KFC di China

JELAJAH NUSA -Pengunjung KFC di kota Hangzhou, China punya cara baru untuk membayar pesanan mereka, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id