Friday , October 20 2017
Home / Destinasi / Korea Targetkan 1,2 Juta Wisatawan Muslim

Korea Targetkan 1,2 Juta Wisatawan Muslim

Papan menu di salah satu restoran penyedia makanan halal. (Foto youtube)

JELAJAH NUSA – Wisatawan muslim telah menjadi salah satu pasar wisatawan yang sangat populer di Korea dan target utama diversifikasi pasar. Negara ini pun tengah fokus pada 1,7 milyar pasar muslim dengan menjalankan kampanye “Muslim Friendly Korea” untuk menarik wisatawan muslim.

Seperti dilansir http://www.visitkorea.or.id, dalam kurun lima tahun terakhir, jumlah wisatawan muslim ke Korea Selatan terus mengalami peningkatan. Tahun 2016, wisatawan muslim yang datang sebanyak 980 ribu orang. Tahun 2017 ini, Korea Tourism Organization (KTO) menargetkan untuk menarik 1,2 juta wisatawan muslim dunia.

Berbagai sektor terus dikembangkan dan dibenahi, seperti restoran muslim-friendly telah diperbanyak dari 135 restoran menjadi 170 restoran untuk penyebaran makanan halal. Karena makanan halal dianggap hal paling penting oleh wisatawan muslim.

Restoran tersebut menyajikan makanan yang terbuat dari bahan-bahan seperti seafood, makanan vegetarian, dan lainnya yang dapat dimakan oleh muslim. Terdapat 4 jenis restoran, yaitu ‘Halal Certified’ yang disertifikasi oleh Korea Muslim Federation (Federasi Muslim Korea) sesuai dengan standar sertifikasi halal dan penggunaan daging babi; ‘Self Certified’ yang disertifikasi sendiri oleh restoran setelah evaluasi; ‘Muslim Friendly’ yang menjual beberapa menu halal; dan ‘Pork Free’ yang menggunakan daging selain daging babi.

Sebagai panduan bagi wisatawan muslim, KTO juga menerbitkan sebuah buku yang berisi beragam informasi terkait karakteristik pasar wisatawan muslim, informasi makanan halal, juga informasi tentang tempat beribadah di Korea. Rencananya September 2017 nanti, akan digelar ‘Halal Restaurant Week’ untuk menawarkan makanan Korea yang halal dengan harga diskon kepada wisatawan muslim yang berkunjung ke Korea. (IG)*

 

Check Also

Thailand Masuk 10 Besar Wisman Jabar

JELAJAH NUSA – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menggelar rapat koordinasi (Rakor) kepariwisataan bersama jajaran Dinas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id