Home / Services / BRTI Jamin Jaringan Seluler Siap Layani Pemudik di Bandung

BRTI Jamin Jaringan Seluler Siap Layani Pemudik di Bandung

JELAJAH NUSA – Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi di kawasan Bandung menjelang momen arus mudik Idul Fitri 1438 H. Pernyataan tersebut disampaikan Komisioner BRTI, M. Imam Nashiruddin pada acar konferensi pers di Hotel Aston Pasteur Bandung, Jumat (09/06/2017).

Konferensi pers yang mengusung tema “Evaluasi Kesiapan Jaringan Telekomunikasi untuk Melayani Arus Mudik dan Idul Fitri 1438 H/2017” ini, dihadiri perwakilan Kementrian Kominfo, Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ASTI), perwakilan Pemerintah Daerah Kota bandung, seluruh pimpinan operator seluler di Bandung, serta para insan pers.

“Acara ini merupakan kegiatan rutin dalam rangka pemaparan publik mengenai evaluasi kesiapan operator dan antisipasi yang perlu dilakukan terkait adanya potensi peningkatan dan pergerakan trafik saat arus mudik, lebaran, dan arus balik lebaran tahun 2017. Jaringan telekomunikasi harus dipastikan mampu menampung kapasitas dan melayani mobilitas masyarakat yang akan mudik,” ujar M. Imam Nashiruddin.

Pengujian jaringan seluler dilakukan terhadap empat hal yaitu uji kualitas layanan telepon seperti tingkat keberhasilan panggilan, kegagalan panggilan, kualitas suara serta lama waktu sambung; uji kualitas layanan SMS; uji kualitas layanan mobile internet, dan uji kualitas cakupan mobilitas.

Di Bandung, pengujian jaringannya dilakukan menggunakan metode static test pada titik-titik yang diperkirakan menjadi kedatangan pemudik, antara lain Bandara Husein Sastranegara, Terminal Bus Leuwipanjang, Terminal Cicaheum, Stasiun Hall Bandung, dan Stasiun Kiara Condong. Kemudian dilakukan pula dengan metode drive test seluruh jaringan operator di jalan-jalan utama Kota Bandung.

Hasil dari uji petik tersebut, secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik dan dinyatakan jaringan telekomunikasi seluler di Bandung sipa melayani arus mudik, lebaran dan arus balik tahun 2017. Meskipun demikian, pihak operator diminta untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan cakupan mobilitas, khususnya jaringan mobile internet karena akan sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. (HY)*

Check Also

Nikmati Idul Fitri 1438 H di Sari Ater Hotel & Resort

JELAJAH NUSA – Menjelang tibanya hari kemenangan yaitu hari Raya Idul Fitri 1438 H ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id