Thursday , July 27 2017
Home / Coffee Break / Tips Fotografi Saat Berlibur

Tips Fotografi Saat Berlibur

JELAJAH NUSA – Pasti di setiap kegiatan sepeti jalan – jalan atau traveling akan butuh dokumentasi, foto salah satunya. Foto sebagai bukti otentik dari kegiatan Anda selama traveling, selain itu mendapatkan foto yang bagus dan layak publikasi bisa mendatangkan penghasilan tambahan untuk Anda. Buat Anda yang suka jalan – jalan dan penggemar fotografi berikut ini ada tips pengambilan foto saat liburan:

Kenali peralatan kamera Anda, sebaik mungkin menguasai fitur-fitur yang ada didalamnya. Sebaiknya Anda latihan menggunakan kamera Anda saat sebelum liburan, jadi jangan membuang waktu mempelajari peralatan kamera Anda saat sedang liburan, sayangkan waktunya!

Siapkan peralatan pendukung, sepeti tripod dan monopod, kita tak tahu kapan kita butuh alat-alat seperti itu. Contohnya tripod untuk memotret objek wisata saat malam hari atau monopod untuk memotret bagunan sambil menunggu jalan-jalan atau lorong kosong karena objek foto menurut perasaan lebih bagus saat kosong.

Gembira! ya Anda harus gembira, bukankah tujuan foto liburan itu happy! Jalan- jalan dan foto itu hobi bukan? jadi jangan sampai Anda larut belajar foto daripada mengamati sesuatu yang menarik disekitar Anda saat traveling.

Usahakan lebih banyak memotret peristiwa spontan atau momen candid disekitar saat Anda mengunjungi tempat-tempat baru. Memotret objek – objek wisata standar tetap jangan dilupakan, dan tidak harus selfie!

 

Jangan lupa untuk selalu berpikir  memberikan keterangan pada setiap foto, apalagi sekarang sosial media menjadi wadah ekspresi untuk menulis setiap keterangan buat foto Anda.

Kontras dan Warna. Amati objek sekeling Anda saat liburan, apakah ada warna – warna yang ngejreng? Atau ada yang monoton saja warnaya? Potretlah warna-warna yang cerah atau colorfull. Amati warna – warna yang berlawanan disekiling objek wisata.

Berhentilah di jalan-jalan atau tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi walaupun  Anda sudah sering ke Malioboro Yogya misalnya, coba cari lebih detail disetiap sudut jalan Malioboro atau kegiatan disana.

Pilihlah waktu untuk memotret saat jalan – jalan pada pagi hari atau sore, terutama untuk tempat-tempat atau kegiatan event yang belum pernah Anda kunjungi atau abadikan.

Sudut pandang, coba Anda jangan terpaku pada satu sudut pandang untuk satu objek wisata yang Anda sambangi. Cobalah mengelilingi objek wisata sambil memotretnya dengan sudut berbeda.

Jangan lupa hasil foto Anda harus dikoreksi, Photoshop salah satu perangkat lunak kamar “kamar terang” (dulu kamar gelap) dalam fotografi digital. Gali kemampuan Anda dalam mengedit foto Anda sendiri.

Selamat jalan-jalan, jangan lupa foto yang bagus!(riv)

Sumber : www.traveladdict.com

Redaksi Majalah JELAJAH NUSA menerima foto-foto objek Wisata yang layak muat dari pembaca dengan imbalan yang sesuai. Foto dikirim ke : redaksi@jelajahnusa.com dengan ukuran maksimal 800X600.

 

Save

Save

Save

Check Also

Bandung Menuju Destinasi MICE

JELAJAH NUSA – Siap atau tidak Kota Bandung harus menerima konsekuensi sebagai salah satu daerah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id