Tuesday , October 17 2017
Home / Coffee Break / Waktu Berpuasa Ramadan di Greenland Tahun Ini 21 Jam

Waktu Berpuasa Ramadan di Greenland Tahun Ini 21 Jam

Waktu puasa di berbagai belahan dunia. (Foto Al Jazeera)

JELAJAH NUSA – Selama Ramadan, umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Ibadah puasa dimulai dari sebelum matahari terbit dan berbuka saat matahari terbenam (magrib). Akan tetapi, di setiap negara waktu berpuasa berbeda-beda.

Tentu saja, bagi Anda yang akan bepergian saat Ramadan ke luar negeri tahun ini terutama ke kawasan Eropa dapat merasakan perbedaan tersebut cukup signifikan. Di Eropa, masa berpuasa setiap harinya lebih lama ketimbang di Indonesia yang berlangsung sekira 13 jam 15 menit.

Umat Islam di kawasan benua Eropa relatif merasakan waktu berpuasa antara 17-20 jam. Tahun ini, masa berpuasa Ramadan di Greenland mencapai 21 jam sekaligus terlama ketimbang negara lainnya seperti dilaporkan aljazeera, beberapa hari lalu.

Di kawasan benua Asia rata-rata masa berpuasa antara 14-16 jam, dan di Australia berpuasa selama 11 jam. Sementara di kawasan benua Afrika umat Muslim berpuasa sekira 11-14 jam, dan 10-17 jam di kawasan Amerika. Masa berpuasa di Chili tahun ini adalah yang terpendek yakni 10 jam saja.

Di belahan bumi bagian selatan, Ramadan jatuh pada hari-hari di musim dingin. Sebaliknya, di bumi utara jatuh pada hari-hari musim panas dan menjadikan beberapa negara di sana diterpa panas terik lebih panjang. (IA)*

 

Check Also

Garuda Indonesia Raih Predikat Maskapai Bintang 5

JELAJAH NUSA –  Maskapai nasional Garuda Indonesia kembali meraih prestasi sebagai maskapai bintang lima (5-Star …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id