Home / Destinasi / Arab Saudi Sejajarkan Pariwisata Dan Minyak Bumi

Arab Saudi Sejajarkan Pariwisata Dan Minyak Bumi

Madain Saleh (Al-Hijr)

RIYADH -Kini peningkatan pesat pariwisata di Arab Saudi mulai disejajarkan dengan pendapatan dari minyak. Dilansir dari Arab News, Minggu (14/5), Pangeran Sultan Presiden Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi (SCTH) menilai, itu tidak lain atas dukungan dari Raja Salman. Menurutnya, penganggaran pariwisata jadi sumber pendapatan perekonomian nasonal.

Hal itu ia paparkan di depan Dewan Eksekutif Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTHO), industri pariwisata dan warisan budaya dilihat mengalami perkembangan signifikan sejak 16 tahun terakhir. Ia menambahkan, perkembangan itu telah membuat sektor itu berkontribusi besar pada pembangunan nasional.”Sektor ini merupakan sumber penting bagi ekonomi dan alternatif minyak, ini memberikan banyak kesempatan kerja,” kata Sultan.

Pendapatan pariwisata naik dari 15,3 miliar dolar pada 2004, menjadi 166,8 miliar dolar pada akhir 2016. Jumlah fasilitas wisata berlisensi dari 1.402 pada 2009 jadi 6.454 pada akhir 2016. Jumlah perusahaan penerbangan internasional dari delapan pada 2002 jadi 25 pada akhir 2016.Jumlah pekerja sektor ini meningkat dari 333.000 tahun 2004 jadi 936.000 di 2016, dengan jumlah kesepakatan diperkirakan 1,2 juta pada 2020.Sekjen UNWTO mengaku menghargai usaha Saudi dan akan memberi penghormatan di Majelis Umum di Cina pada September nanti.(RIV)

sumber : republikaonline, arabnews

Check Also

Ras Al Khaimah, Destinasi Wisata dengan Pertumbuhan Tercepat di UEA

JELAJAH NUSA – Ras Al Khaimah telah menegaskan kembali posisinya sebagai destinasi wisata dengan pertumbuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id