Saturday , November 18 2017
Home / Aktivitas / WACKEN METAL BATTLE INDONESIA 2017 Berskala Internasional

WACKEN METAL BATTLE INDONESIA 2017 Berskala Internasional

JELAJAH NUSA – Steering Committees Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2017 merupakan sebuah kompetisi berskala internasional untuk mencari satu band metal yang secara objektif dianggap paling representatif dan siap mewakili Indonesia di ajang Wacken Metal Battle Internasional 2017.

Para penyelenggara melihat WMBI 2017 merupakan langkah nyata untuk mendukung pergerakan ranah musik metal Indonesia dalam melakukan penetrasi di dunia internasional, sekaligus membukakan mata dunia mengenai potensi ranah musik metal Indonesia.

Band Cadas asal Bandung, Koil, Beside, Taring, Nectura, dan Sufism akan bertanding di Final Show Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2017, Minggu, (14/5/2017), di Gudang Persediaan PT KAI jalan Sukabumi Bandung.

Kelima Band Cadas Bandung akan bertanding melawan Lima Band Cadas luar Bandung, diantaranya, Gerram (Palembang), Hellcrust (Jakarta), Neurosesick (Malang), New Day Is Over (Banjarbaru), dan Trojan (Denpasar).

Total Sepuluh Band Cadas tersebut akan bertanding memperebutkan predikat band terbaik ranah musik ekstrim dan menjadi satu-satunya band cadas yang mewakili Indonesia di ajang kompetisi musik internasional.

Terbukanya jejaring ini sesuai dengan cita-cita untuk memberikan kesempatan kepada band-band metal di Indonesia tampil di festival musik metal internasional, sekaligus mengisi jajaran baru band-band metal di kultur festival nasional.

Pendaftaran Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2017 dibuka sejak 1 Februari 2017 melalui registrasi online, dan ditutup 17 April 2017.

Total kandidat WMBI 2017 yang mendaftar sebanyak 238 Band dari 59 kota di Indonesia, lima kota dengan band terbanyak yang mendaftar yaitu, Bandung (57 Band), Jakarta (29 Band), Malang (13 Band), Denpasar (13 Band), dan Bogor (9 Band).

Penjurian atas 238 Band Cadas tersebut berjalan mulai akhir Maret 2017, tiga orang juri WMBI 2017 yaitu Man Jasad (Jasad), Dadan Ketu (Manajemen Burgerkill), dan Adib Hidayat (Rolling Stone) akan menilai kandidat berdasarkan aransemen, produksi, dan aktivitas di sosial media.

Ketiga juri tersebut pada 19 April 2017 mengumumkan hanya 30 Band terpilih yang akan dihimpun dalam sebuah kompilasi berjudul “Wacken Metal Battle Indonesia 2017″, dan kompilasi ini akan dirilis sebanyak 500 keping, dan akan dibagikan di Wacken Open Air Jerman 2017 sebagai media promo band-band WMBI 2017.

Akhirnya 22 April 2017 ketiga juri tersebut ditambah dua orang juri internasional, John Resborn (The Metal Rebel), dan Dom Lawson (Metal Hammer Magazine) menetapkan sepuluh band terpilih dan akan bertanding di Final Battle WMBI 2017.

Seperti diketahui, 10 band cadas yang terpilih berdasarkan kategori general per lagu yang dikirim serta produksi rilisan fisik (CD atau kaset) adalah, Koil, Beside, Taring, Nectura, Sufism, Gerram, Hellcrust, Neurosesick, New Day Is Over, dan Trojan.

Penjurian tidak memakai sistem voting, tetapi dipilih berdasarkan Audience, Ketiga juri, Man jasad, Dadan Ketu, dan Adib Hidayat, merupakan juri yang kami anggap kompeten, namun agar lebih objektif, dihadirkan dua juri internasional.

Juri Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2017 Muhammad Rohman atau lebih dikenal dengan Man Jasad mengatakan, di tahun 2005 ketika sebuah band metal asal Indonesia manggung di luar negeri merupakan hal yang dianggap keren, “Namun di tahun 2017, sebuah band metal asal Indonesia manggung di luar negeri adalah sebuah keharusan”.

Mengenai penjurian WMBI 2017, Man Jasad mengakui dirinya diselimuti perang bathin, “Dari 238 band yang mendaftar memang kebanyakan saya mengenal mereka semua, namun saya pura-pura tidak kenal saja”.

“238 band yang mendaftar di WMBI 2017 semuanya keren, tapi kita sebagai juri hanya memilih sepuluh band untuk tampil di Final Show Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2017,” kata Man Jasad.

“Dari 10 Band metal yang bertanding di Final Show WMBI 2017, lima  diantaranya berasal dari Bandung,” kata Man Jasad, “Sebenarnya saya tidak mau Band metal Bandung yang mendominasi, karena takut timbul kecurigaan, namun kenyataannya lima band tersebut memenuhi kriteria juri,” ujarnya, “Mudah mudahan keputusan juri bisa adil”.

Pemenang WMBI 2017 yang nanti diberangkatkan ke Jerman harus bisa mewakili karakter Indonesia, “Yang penting jangan memalukan Indonesia,” ujar Man Jasad.

Satu spirit yang dimunculkan kompetisi WMBI 2017 adalah persahabatan, kolaborasi, keterpaduan, regenerasi, dan pergerakan nyata untuk kemajuan ranah musik independen.

Pertunjukan Final Battle WMBI 2017 yang dilangsungkan hari Minggu, (14/5/2017), di Gudang Persediaan PT KAI jalan Sukabumi Bandung, dibuka untuk umum, dengan harga tiket (presale) Rp.25.000 via website, dan (on the spot) Rp.35.000, bagi 500 orang pertama yang datang antara pukul 09.00-10.00 WIB, akan mendapatkan bandana official merch WMBI 2017. (HY)

 

Check Also

Festival Saribu Rumah Gadang Semarakan TdS 2017

JELAJAH NUSA –  Kabupaten Solok Selatan kembali menjadi tuan rumah Tour de Singkarak (TdS) 2017. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id