Home / Aktivitas / Borobudur, “Top 3 Iconic Adventures” Versi National Geographic

Borobudur, “Top 3 Iconic Adventures” Versi National Geographic

Borobudur, candi Budha terbesar di dunia. (Foto Iwan/JN)

JELAJAH NUSA – National Geographic (NatGeo) yang terkenal di dunia sebagai media yang fokus mempublikasikan artikel dan foto geografi, sejarah, dan budaya, baru-baru ini merilis 15 Iconic Adventures dunia versi mereka. Dalam rilis itu, Candi Borobudur masuk dan berada di posisi ke-3 setelah Machu Picchu di Peru dan Petra di Jordania.

NatGeo memandang Borobudur layak untuk ditempatkan di jajaran atas karena memiliki potensi yang sangat luar biasa. Menurut mereka, Brorobudur sebagai candi Budha terbesar di dunia yang menjadi tujuan utama para peziaran Budha Mahayana.

Di sana, meskipun harus memanjat struktur bangunan setinggi 95 kaki, peziarah menganggap ini sebagai perjalanan simbolis menuju pencerahan. Ditambah kehadiran 3000 relief dan latar pemandangan puncak gunung berapi di sekitar yang sangat menakjubkan.

Kehadiran artikel NatGeo ini selaras dengan program Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pariwisata (Kemenpar) yang sedang gencar mempromosikan Borobudur sebagai salah satu destinasi prioritas “10 Bali Baru”. Program “10 Bali Baru” diluncurkan demi mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019.

Menanggapi hal ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan rasa terima kasih kepada NatGeo yang menempatkan Borobudur di posisi terhormat. Menurut dia, karya budaya penuh legenda dan juga dinilai sebagai keajaiban karya manusia yang sudah diakui UNESCO tahun 1991 itu memang hebat.

“Kalau yang memeringkat, yang menilai hebat, kelas dunia, atas karya heritage yang kelas dunia juga, maka itu semacam konfirmasi bahwa bahwa Borobudur memang sudah jadi ikon dunia,” ujar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya pun menetapkan Borobudur sebagai “Mahakarya Budaya Dunia” atau “World Cultural Masterpiece”. Borobudur memang akan menjadi taruhan besar untuk pengembangan destinasi “10 Bali Baru”. Kulturalnya bagus, world class, tapi performance-nya masih jauh dari Angkorwat.

Namun dengan predikat baru, “Top 3 Iconic Adventure Dunia” tersebut, maka secara otomatis akan membuat Borobudur semakin populer di level dunia.

“Ini sebuah kebanggaan besar. Borobudur semakin memperkuat kepercayaan diri untuk percepatan membangun pariwisata sebagai leading sector dan core economy bangsa. Kami akan terus pantau perkembangan Borobudur,” tutur Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya tahu persis, bahwa ulasan National Geographic sangat penting artinya. “Ini akan mendorong pembaca setia National Geographic untuk mencari informasi seputar Borobudur. Ujung-ujungnya travelers akan makin banyak yang datang ke sana,”pungkasnya.

Berikut 15 Iconic Adventures versi National Geographic:

  1. Machu Picchu, Peru
  2. Petra, Jordania
  3. Borobudur, Indonesia
  4. Acropolis, Yunani
  5. Tembok Besar, China
  6. Sigiriya, Srilanka
  7. Plitvice Lakes National Park, Kroasia
  8. Mammoth Cave National Park, Kentucky
  9. Provence’s Lavender Route, Perancis
  10. Avenue of the Baobabs, Madagascar
  11. Potala Palace, Lhasa, Tibet
  12. Amber Fort, Jaipur, India
  13. Sydney Harbour Bridge, Australia
  14. Menara Miring Pisa, Italia
  15. Reichstag, Berlin, Jerman.

(IG/berbagai sumber)*

Check Also

WACKEN METAL BATTLE INDONESIA 2017 Berskala Internasional

JELAJAH NUSA – Steering Committees Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2017 merupakan sebuah kompetisi berskala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id