Home / Destinasi / Indahnya Panorama Alam Situ Wanayasa

Indahnya Panorama Alam Situ Wanayasa

Situ Wanayasa, Purwakarta. (Foto Irwan/JN)

JELAJAH NUSA – Kabupaten Purwakarta punya potensi keindahan alam yang demikian besar. Potensi mengagumkan ini salah satunya tersimpan di Situ Wanayasa sebagai destinasi pariwisata. Secara administratif, situ di tepi jalan raya tersebut berada di Kecamatan Wanayasa, sekira 25 kilometer arah utara dari pusat kota Purwakarta. Wanayasa yang terkenal sejuk memilki beragam hasil perkebunan karena tergolong daerah yang subur.

Situ Wanayasa memang masyhur dengan keindahan panoramanya. Berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, situ yang memiliki luas sekitar 7 hektar ini terbentuk secara alami dengan mata air langsung dari Gunung Burangrang. Karena bentukan alami inilah, air Situ Wanayasa tak pernah kering. Untuk mengelilinginya pengunjung dapat menggunakan sepeda air yang disewakan di sana. Tak kalah asyik, situ ini pun acap menjadi lokasi favorit bagi mereka yang hobi memancing ikan.

Meski tidak terlalu luas, namun banyak hal yang membuat destinasi wisata ini terlihat istimewa. Salah satunya keberadaan sebuah pulau kecil di tengah-tengah danau yang dapat dijelajahi pengunjung. Namanya Pasir Mantri. Di tengah-tengah Pasir Mantri ini ada sebuah makam dan petilasan dari RA Suriawinata yang wafat pada tahun 1827. Dia adalah salah seorang pendiri kota Purwakarta dan bupati ke-9 Karawang.

Pemandangan di sekitar Situ Wanayasa terlihat semakin menarik dan cantik dengan latar belakang Gunung Burangrang. Begitu mempesona. Suasana sejuk dan tenang yang tersaji di sekitar danau mungil ini akan membuat kunjungan tak sia-sia.

Sebagai danau yang telah dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata, Situ Wanayasa dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Di pinggiran situ yang berbatasan dengan jalan raya telah dibangun trotoar yang memungkinkan pengunjung untuk berjalan santai sambil menikmati pemandangan dan suasana. Sementara di seberang jalan terdapat kedai-kedai yang menjajakan beragam makanan dan oleh-oleh khas Kabupaten Purwakarta. Sebut saja antara lain sate maranggi yang lezat dan simping yang renyah. (IA)*

Check Also

Ras Al Khaimah, Destinasi Wisata dengan Pertumbuhan Tercepat di UEA

JELAJAH NUSA – Ras Al Khaimah telah menegaskan kembali posisinya sebagai destinasi wisata dengan pertumbuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id