Home / Destinasi / Alam / Bentukan Batu Alam Hiasi Keindahan Pantai Wediombo

Bentukan Batu Alam Hiasi Keindahan Pantai Wediombo

Tampak batu-batu alam dari fenomena geologi gunung purba menghiasi pantai. (Foto Iwan/JN)

JELAJAH NUSA – Dalam bahasa Jawa wedi artinya pasir sedangkan ombo artinya luas. Jadi, arti nama pantai Wediombo secara harfiah adalah pasir yang luas. Pantai ini merupakan satu dari jajaran pantai di Gunungkidul yang terbilang punya keunikan dari pantai lainnya. Bentangan pantainya landai, berpasir putih, dan dihiasi batu-batu alam yang besar.

Bebatuan tersebut merupakan hasil peristiwa geologi dari aliran lava, breksi, dan retasan andesit gunung api purba yang diperkirakan berusia 40 juta tahun. Kini bebatuan itu menjadi spot favorit para pengunjung. Paling menarik yaitu bebatuan yang membentuk “kolam renang” alami. Letaknya tak jauh dari bibir pantai hanya terpisahkan batu karang.

Kegiatan lainnya yang biasa pengunjung lakukan, diantaranya memancing ikan di atas batu karang pantai Wediombo. Dulunya, memancing hanya dilakukan penduduk setempat. Namun, saat ini banyak penggemar mancing yang sering menghabiskan waktu di pantai ini.

Pesona Pantai Wediombo memang belum sepopuler pantai lain di Gunungkidul. Meskipun begitu, banyak pengunjung yang mengaku senang berkunjung karena suasana pantainya yang tenang sangat pas sebagai tempat untuk rileksasi.

Posisi pantai berada di bawah permukaan rata-rata tanah sekitar. Untuk mencapai lokasi pantai para pengunjung harus melewati puluhan anak tangga terlebih dahulu. Setelah itu, keindahan panorama Pantai Wediombo akan dapat dinikmati dengan leluasa. (IG)*

 

Check Also

Pecahan “Kerikil” Botol yang Indah di Pantai Ussuri

JELAJAH NUSA – Siapa sangka, pecahan-pecahan botol warna warni di Pantai Ussuri, Rusia, telah menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id