Home / Uncategorized / Pemprov Jabar Kembali Adakan Program Mudik Gratis

Pemprov Jabar Kembali Adakan Program Mudik Gratis

Foto: jabarprov.go.id

JELAJAH NUSA – Seperti menjelang Lebaran tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, kembali menyelenggarakan program Mudik Gratis tahun ini. Pendaftaran yang diperuntukan bagi masyarakat umum ber-KTP Jawa Barat untuk mengikuti program Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2017-1438 H ini dibuka sejak 14 Februari 2017 untuk pemberangkatan tanggal 17 Juni 2017.

“Ada dua jenis moda transportasi yang disediakan, yaitu moda angkutan bus dan truk untuk kendaraan roda dua,” kata Kepala Dishub Prov Jabar Dedi Taufik di kantornya, Kamis (2/3/17), seperti dirilis website jabarprov.go.id. Dia pun mengatakan, program rutin tahunan ini diselenggarakan dalam rangka penyediaan angkutan mudik yang aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

Dedi berharap Program Mudik Gratis dari Pemprov Jabar ini dapat mengurangi kepadatan lalu lintas yang disebabkan pemudik dengan menggunakan sepeda motor. “Ini juga salah satu upaya untuk mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh sepeda motor, biar mudiknya aman, nyaman, selamat sampai tujuan,” katanya.

Ada beberapa rute yang akan ditempuh dalam program Mudik Gratis kali ini di tiga kota pemberangkatan, antara lain  Bandung-Solo (via Kebumen-Yogyakarta); Bandung-Semarang (via Cirebon); Bekasi-Solo (via Semarang); Bekasi-Solo (via Ciamis); Sukabumi-Solo (via Cirebon-Semarang). Masing-masing kota akan memberangkatkan jumlah pemudik yang berbeda.

“Kuota dari tiap kota itu masing-masing Bandung 22 bus, Bekasi 30 bus, dan Sukabumi 8 bus dengan kapasitas 44 seats,” kata Dedi.

Terkait waktu pendaftaran, Dishub Prov Jabar tidak membatasi waktunya. “Pihak kami tidak memberikan batas waktu, menunggu hingga kuota terpenuhi baru pendaftaran ditutup. Untuk itu kami meminta masyarakat yang ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk bergegas mendaftarkan diri,” katanya.

Bagi Anda yang ingin mendaftar, ada sejumlah persyaratan yang mesti dipersiapkan dan dipenuhi. Calon pemudik yang hendak memanfaatkan fasilitas ini harus menyertakan fotokopi KTP/SIM, Fotokopi Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran (untuk yang membawa balita), dan fotokopi STNK (khusus bagi pemudik yang membawa motor).

Selain di Kantor Dishub Prov Jabar Jalan Sukabumi No 1 Kota Bandung, pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Dishub Kota Bekasi Jalan Jend A Yani No 1 (Kantor Pemkot Bekasi) dan Kantor Dishub Kota Sukabumi Jalan Arief Rahman Hakim No 25 Kota Sukabumi.

Untuk informasi selengkapnya, masyarakat dapat mengakses SMS Center Dishub Jabar pada nomor 08112255907. (IA)*

 

 

 

 

Check Also

CIATER SPRING VALLEY, Pilihan Hunian Terbaik di Selatan Subang

JELAJAH NUSA – Kabupaten Subang dengan luas wilayah mencapai 2.051,76 km², secara geografis terbagi menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id