Tuesday , October 17 2017
Home / Destinasi / Situ Mustika, Wisata Alam yang Mempesona

Situ Mustika, Wisata Alam yang Mempesona

Jembatan tali di Situ Mustika. (Foto: Kom-PHT/Cms/Aan)

JELAJAH NUSA – Situ Mustika merupakan obejek wisata yang terletak di kawasan Perhutani petak 54.b RPH Gadung BKPH Banjar Utara KPH Ciamis. Secara administratif termasuk wilayah Desa Purwaharja Kecamatan Purwaharja, 1 km ke arah barat dari Alun-alun Kota Banjar.

Dengan luas area mencapai 3,5 hektare, Situ Mustika menyuguhkan panorama alam yang indah dan sejuk dihiasi pepohonan rindang, sehingga sangat pas dijadikan pilihan untuk melepas penat. Pengunjung bisa beraktivitas rekreasi, sight seaching (penelusuran pemandangan), dan refreshing dengan suguhan panorama alam. Ada juga yang menjadikan sebagai tempat praktik penelitian, outbound, camping, mancing, sampai unjuk ketangkasan domba.

Hampir setiap pohon diberi papan nama sesuai nama jenisnya. Seperti terpampang, pohon kiburahol (stesleche carpus), damar (agathis alba), angsana (pterocarpus indicus). Jenis lainnya, ribuan pohon jati, mahoni, pinus cukup menghijau.

Beberapa fasilitas umum bagi pengunjung pun sudah tersedia, mulai dari toilet, shelter, tempat duduk, jalan trap, tempat parkir, gajebo, mushola, dan lapangan pamidangan (seni ketangkasan) domba.

Bukan hanya sebagai destinasi wisata, air dari Situ Mustika pun memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Hingga kini, airnya mengalir ke pemukiman warga untuk memenuhi kebutuhan pengairan areal pertanian. (IG)*

 

Check Also

Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan Denpasar-Melbourne

JELAJAH NUSA –  Garuda Indonesia akan menambah frekuensi penerbangan rute Denpasar – Melbourne. Dari tujuh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id