Thursday , July 27 2017
Home / Uncategorized / Pariwisata Internasional Memberi Manfaat Ekonomi Secara Signifikan di Selandia Baru

Pariwisata Internasional Memberi Manfaat Ekonomi Secara Signifikan di Selandia Baru

Northland and the Bay of Islands (Foto newzealand.com)

JELAJAH NUSA – Pariwisata Selandia Baru terus berkembang. Dari data yang dirilis pada pertengahan Februari lalu ditegaskan, sektor pariwisata memberikan banyak manfaat ekonomi yang signifikan. Bahkan, total belanja wisatawan internasional ke negeri Kiwi mencatatkan rekor baru pada 2016 yakni mencapai 10,1 miliar dollar, naik 4 persen dari tahun sebelumnya.

“Ini adalah catatan angka tertinggi dari pengeluaran pariwisata internasional. Dan itu diprediksi meningkat karena angka pariwisata tumbuh,” kata Acting Tourism New Zealand Chief Executive Brighid Kelly, seperti dikutip tourismnewzealand.com, Minggu (20/2/2017).

Dari sektor belanja liburan pengunjung, tambahnya, pendapatan mencapai 6,4 miliar dollar atau naik 10 persen dari tahun 2015. Jika dirata-ratakan, wisatawan yang berlibur di Selandia Baru menghabiskan sekira 3.800 dollar selama kunjungan mereka.

Sektor pariwisata memberi manfaat yang demikian luas dalam menopang roda ekonomi di negara kepulauan yang terletak di barat daya Samudera Pasifik itu. Kunjungan  internasional warga dunia telah menguntungkan banyak sektor semisal usaha ritel, supermarket, SPBU, restoran, dan kafe di luar akomodasi dan biaya perjalanan. Dari sisi penyerapan tenaga kerja, satu dari tiga belas warga Selandia Baru bekerja secara langsung di industri pariwisata.

Pada 2016, negeri Tanah Berawan Putih Panjang ini menyambut sekira 3,4 juta wisatawan mancanegara. Jumlah tersebut tumbuh dua kali lipat ketimbang tujuh tahun lalu.

Untuk mendongkrak kedatangan turis luar negeri, tahun ini pihak pariwisata di sana melakukan berbagai langkah dan strategi. Salah satu tujuannya untuk mendorong liburan musim gugur dan perjalanan musim semi dengan kunjungan bersama ke daerah-daerah.

“Hal ini tidak hanya mengurangi konsentrasi puncak musim, tetapi juga membantu menyebarkan manfaat pariwisata negara lebih banyak ke daerah-daerah,” kata Kelly. Salah satu destinasi wisata di sana, Northland, untuk musim gugur baru saja dipromosikan di Melbourne, Australia dan akan diikuti yang lainnya. (IA)*

 

Check Also

CIATER SPRING VALLEY, Pilihan Hunian Terbaik di Selatan Subang

JELAJAH NUSA – Kabupaten Subang dengan luas wilayah mencapai 2.051,76 km², secara geografis terbagi menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id