Tuesday , October 17 2017
Home / Aktivitas / Lezatnya Sate Bandeng dengan Bumbu Rempah

Lezatnya Sate Bandeng dengan Bumbu Rempah

Sate bandeng khas Banten. (Foto Irwan/JN)

JELAJAH NUSA – Menu makanan yang satu ini adalah sate bandeng. Makanan ini dikenal sebagai hidangan warisan budaya sejak zaman Kesultanan Banten. Tentu saja sate bandeng yang ditusuk dengan pelepah pisang telah menjadi hidangan khas daerah ini.

Banyak orang menyukai sate bandeng karena keunikan rasanya. Ikan bandeng diolah terlebih dahulu dengan membuang insang, tulang utama dan halusnya. Dagingnya dipukul-pukul tanpa merusak kulitnya. Aneka bumbu rempah yang diaduk dengan daging demikian meresap tertutup kulit, lalu dipanggang hingga matang. Setelah dipanggang, sate bandeng bisa digoreng barang sebentar.

Daging yang empuk dengan rasa dan aroma bumbu begitu memanjakan lidah. Terlebih gurihnya santan kental yang meresap. Sebetulnya, untuk menyantapnya tak perlu lagi menyediakan bumbu. Tapi, sambal dan kecap akan menambah selera dan disantap selagi sate bandeng hangat.

Satu sate bandeng ukuran sedang ini rata-rata dijual 28 ribu rupiah di tempat oleh-oleh di Kota Serang dan sekitarnya. Tersedia dua pilihan, termasuk sate bandeng bumbu pedas. Anda bisa mencoba keduanya. (IA)*

Check Also

Kejuaraan Selancar Dunia Cimaja Dimulai

Menteri Pariwisata Arief Yahya pagi ini sekitar pukul 09.15 WIB membuka kejuaraan selancar dunia yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id