Wednesday , July 26 2017
Home / Aktivitas / 6 Karakter Wisatawan Mancanegara

6 Karakter Wisatawan Mancanegara

Pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) perlu melihat 6 kategori wisatawan yang ada saat ini. Mengingat para wisatawan berlibur dengan motivasi yang berbeda pula. Berdasarkan survei yang dilakukan Kantor Staff Kepresidenan (KSP), wisman memiliki kesan tersendiri setelah berkunjung ke Indonesia. Mereka menganggap warga Indonesia hangat, ramah, dan terbuka terhadap orang lain. Situs wisata budaya dan kuliner yang menarik juga membuat citra Indonesia menguat di mata wisman.

Pertama karakter the Escapist atau bebas bersenang-senang tanpa batas, kedua the Backpackers atau wisatawan yang bebas menjelajah. Ketiga, Sophisticated traveler atau mereka yang ingin memanjakan diri.

Keempat, tipe wisatawan Itinerary Follower. Mereka biasanya berlibur secara terkendali, terserah, displin, dan mengikuti rencana yang sudah disusun.

Kelima, Gateway Seekers, wisman jenis ini biasanya memilih tempat untuk bersantai dengan tenant atau menyepi. Terakhir yang keenam disebut dengan Interactive Traveller. Mereka biasanya mencari pengalaman berinteraksi langsung atau membaur dengan objek wisata, budaya, atau masyarakat setempat.

“Dan ini hanya bisa dirasakan ketika mereka datang langsung ke Indonesia,” kata Erik Sumartono Darmanto Staff Ahli KSP (13/2). “Indonesia ada di antara gateway seekers dan interactive traveller. Inilah target utama Indonesia untuk mendatangkan wisatawan ke Indonesia,” tutup Erik.(riv)

Sumbe : lifestyle.liputan6.com

Check Also

Mengenal Batik Tulis Yogyakarta

JELAJAH NUSA – Sejak dinobatkan sebagai kota batik dunia, batik tulis Yogyakarta telah berkembang pesat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id