Thursday , July 27 2017
Home / Journeys / Tahun 2016 Wisatawan Menghabiskan 24,8 Milyar Dollar di Singapura

Tahun 2016 Wisatawan Menghabiskan 24,8 Milyar Dollar di Singapura

Foto pixabay.com

JELAJAH NUSA – Sebanyak 16,4 juta wisatawan berkunjung ke Singapura sepanjang tahun 2016. Mereka menghabiskan dana 24,8 milyar dollar selama melancong di negeri singa. Pengeluaran mereka antara lain untuk membeli makanan dan minuman, akomodasi dan belanja.

Jumlah wisatawan yang datang ke Singapura meningkat 7,7 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut salah satunya didorong pasar China yang datang dalam jumlah paling besar. Penerimaan yang juga meningkat 13,9 persen dari tahun sebelumnya itu seperti diprediksi lembaga Singapore Tourism Board (STB).

Pada kurun Januari-September 2016, wisatawan telah menghabiskan sekitar 48 persen untuk belanja seperti aksesori, fashion, suvenir hingga hadiah. Sementara akomodasi meningkat 28 persen dan makanan dan minuman naik 24 persen. Akan tetapi, peningkatan tersebut berdampak pada menurunnya belanja hiburan, games dan jalan-jalan hingga 16 persen.

Wisatawan asal China adalah penyumbang belanja terbesar selama dua tahun berturut-turut. Dengan kenaikkan kedatangan mencapai 36 persen, pasar pariwisata kian tumbuh dan popular. Selain dari China, peningkatan kunjungan wisatawan juga datang dari Indonesia dan India. Sedangkan penurunan berasal dari Hong Kong (-12%) oleh karena kinerja ekonomi yang lemah.

Lionel Yeo, Kepala Eksekutif STB sebagaimana ditulis travelandtourworld.com, Selasa (14/2/2017) mengatakan, meskipun ada tantangan yang mencakup kinerja ekonomi yang lemah di beberapa pasar dan wabah virus Zika, Singapura telah mampu memikat banyak wisatawan sehingga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Lebih dari 410 kegiatan bisnis diselenggarakan di Singapura sepanjang tahun lalu. (IA)*

 

Check Also

Ras Al Khaimah, Destinasi Wisata dengan Pertumbuhan Tercepat di UEA

JELAJAH NUSA – Ras Al Khaimah telah menegaskan kembali posisinya sebagai destinasi wisata dengan pertumbuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id