Home / Trips Idea / 7 Pesta Kembang Api Tahun Baru Paling Spektakuler

7 Pesta Kembang Api Tahun Baru Paling Spektakuler

Pesta kembang api di Burj Khalifa, Dubai (Photo by Lester Ali)
Pesta kembang api di Burj Khalifa, Dubai (Photo by Lester Ali)

JELAJAH NUSA – Hampir di setiap penjuru dunia memiliki agenda perayaan tahun baru dengan berbagai acara meriah. Atraksi pesta kembang api menjadi sesi wajib dan puncak acara dalam setiap perayaan tahun baru. Ada beberapa tempat di dunia yang mempunyai tradisi pesta kembang api paling top dibanding tempat lainnya. Berikut tujuh tempat yang cukup top untuk pesta kembang api perayaan tahun baru.

Dubai, UEA

Dubai sebagai metropolis di Uni Emirat Arab, menjadi paling top untuk urusan pesta kembang api perayaan tahun baru. Seperti perayaan tahun baru 2015 lalu, Dubai tercatat dalam “Guinness World Records” sebagai kota dengan perayaan tahun baru termegah di dunia mengalahkan kota-kota besar lainnya. Kawasan Burj Khalifa dan Palm Jumeirah & World Islands menjadi pusat keramaiannya.

Seperti dikutip dari “The Guardian”, Kamis 1 Januari 2015, biaya pesta kembang api tersebut mencapai 6 juta dollar atau sekitar 84 miliar rupiah. Dengan jumlah kembang api mencapai 500 buah yang berlangsung selama 6 menit saja.

Sydney, Australia

Letak geografis berada di belahan bumi sebelah timur membuat Sydney menjadi salah satu tempat yang merayakan pergantian tahun paling awal. Ditambah pesta kembang apinya yang spektakuler, kota ini dikenal sebagai destinasi wisata perayaan tahun baru yang banyak diburu para traveler dunia.

Pengunjungnya pun mencapai jutaan orang, bahkan banyak yang rela untuk camping di sekitar lokasi hanya agar mendapat posisi terbaik saat menyaksikan peluncuran kembang api spektakuler. Beberapa tempat yang biasa dijadikan titik peluncuran kembang api, diantaranya kawasan Sydney Opera House, Harbor, dan Bridge.

London, Inggris

London menjadi pusat perayaan malam tahun baru dengan pesta kembang apinya yang sangat meriah di Inggris. Setiap tahun kawasan wisata di sepanjang Sungai Thames selalu dipadati ratusan ribu pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Pusat keramaiannya berada di jam besar Big Ben dengan kembang api yang diluncurkan dari London Eye, sebuah bianglala raksasa tertinggi di dunia. Jam besar Big Ben akan berdentang di tengah malam untuk menandakan pergantian tahun. Kemudian perhatian pun beralih ke London Eye yang menampilkan pertunjukan kembang api spektakuler sejak 2005.

Paris, Perancis

Perayaan tahun baru di Paris dipusatkan di kawasan Menara Eiffel. Kembang api diluncurkan dari masing-masing tingkat menara. Sehingga warna-warni bunga api di udara menerangi Menara Eiffel, terlihat sangat indah dan anggun.

Pesta kembang api di Paris, dikenal paling mengesankan. Dengan latar belakang Menara Eiffel, landmark paling tersohor di dunia yang dikunjungi puluhan juta turis setiap tahunnya. Jika ingin nuansa romantis, nikmati pancaran kembang api yang menari di langit Paris, sambil makan malam di atas gondola Sungai Seine.

New York, Amerika Serikat

Tradisi perayaan serta pesta kembang api tahun baru di New York sudah berlangsung sejak 1907. Tempatnya di kawasan Times Square dan hingga kini termasuk salah satu perayaan yang paling megah serta meriah.

Saat memasuki malam hari, pengunjung akan disuguhi new year’s eve ball berukuran jumbo yang memancarkan sinar gemerlap dan dibawa ke atas Times Square dengan ketinggian 23,5 meter. Setelah itu, bola tersebut diturunkan tepat 60 detik sebelum pergantian tahun. Kemudian dimeriahkan pesta kembang api menerangi langit dan diiringi pertunjukan musik penyanyi-penyanyi ternama.

Rio de Janeiro, Brazil

Pesta kembang api tahun baru di Rio de Janeiro, Brazil, digelar di Pantai Copacabana. Sehingga warga dan wisatawan bisa menyaksikan kembang api spektakuler sambil berendam di pantai. Kembang api dinyalakan dari atas kapal tongkang yang diparkir sejajar di sepanjang garis pantai. Jumlahnya pernah mencapai angka 30 ribu kembang api seberat kurang lebih 24 ton yang diangkut 11 kapal tongkang. Dan hanya berlangsung sekira 16 menit.

Perayaan akhir tahun di Rio de Janeiro boleh dibilang sebagai salah satu pesta akhir tahun terbesar dan paling mempesona. Berbeda dengan kebanyakan negara lain yang hanya melakukan hitung mundur dan pesta kembang api, perayaan akhir tahun di Rio juga memiliki tradisi melempar bunga ke lautan untuk Dewi Laut, Yemanja, tepat pukul 12 malam.

Hongkong, China

Hongkong memiliki reputasi sebagai satu kota dengan perayaan tahun baru terbaik di dunia. Victoria Harbour menjadi tempat terbaik untuk merayakan malam tahun baru dengan semarak pesta kembang api yang megah. Lokasi terbaik untuk menyaksikan gemerlap kembang api yaitu di sepanjang sisi Laut Tsim sha Tsui dari Avenue Stars sampai Hongkong Cultural Center, dan Golden Bohenia Square. (IG)*

Check Also

Inilah Top 10 Best Places to Travel 2017 Versi Rough Guides, Indonesia Peringkat 8

JELAJAH NUSA – Sebanyak 4 negara di Asia masuk dalam daftar 10 teratas tempat terbaik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id