Tuesday , October 17 2017
Home / Destinasi / Pesona Pantai Karang Nini

Pesona Pantai Karang Nini

25-karang-niniJELAJAH NUSA – Tatar Sunda memang menyajikan sejumlah objek wisata menarik yang mana patut untuk dikunjungi, terutama keindahan pesona bahari. Salah satunya objek wisata Pantai Karang Nini Pangandaran. Keindahan Pantai Karang Nini tidak kalah memesona dengan pantai-pantai lain yang ada di selatan Pulau Jawa.

Objek wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis ini, terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Bila Anda berasal dari Ciamis Kota, harus menempuh jarak sekitar 83 km ke arah selatan.

Sepanjang jalan dari pintu gerbang menuju lokasi pantai, Anda akan disuguhi kesejukan hutan jati dengan irama alam liarnya. Tidak hanya itu, ada beberapa bagian jalan dengan pemandangan panorama pantai dari kejauhan berlatar Sagara Anakan.

Kondisi Pantai Karang Nini sungguhlah asri. Batu-batu karang terhampar di pantai, yang populer bstu karang menyerupai seorang nenek, inilah yang menjadi cikal bakal penamaan “Nini” dalam bahasa Sunda yang berarti “nenek”.

Anda sungguh akan merasa damai saat berkunjung ke sini. Sepanjang mata memandang akan dijumpai hamparan hutan jati yang mengelilingi areal pantai. Rimbunnya hutan seperti menjadi pelengkap lautan lepas dengan deburan ombak yang mendayu-dayu.

Untuk urusan kuliner, Anda bisa mencicipi hidangan makanan khas Sunda yang menggoyang lidah. Fasilitas lain, sebuah tempat pertemuan berupa Saung Bale Rancage dapat digunakan untuk kegiatan meeting ataupun tempat berkumpul. Ditambah keberadaan shelter memudahkan Anda memandang laut lepas.

Bila Anda pecinta jogging, ada baiknya mencoba jogging track berupa jalan setapak sembari menikmati flora fauna di kanan-kiri tracking. Selama ber-jogging, bisa melihat barisan pohon jati (Tectona grandis), Mahoni (Sweitenia mahagoni), Angsana (Pterocarpus indicus), musang, tupai, dan kera.

Selain bermain di pantai, pengunjung bisa menaiki menara pandang yang dilengkapi teropong untuk menikmati lanskap Pantai Karang Nini, cocok juga untuk sekadar berselfie ria. Jika lelah usai beraktivitas, Anda dapat beristirahat di pondok wisata berarsitektur tradisional Sunda yang sungguh menawan dengan kapasitas kamar untuk tiga orang.*** (IG)

Check Also

Menpar: Bupati Sukabumi Harus Miliki “CEO”

JELAJAH NUSA – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengingatkan perlunya CEO Commitment, penerapan standar global, dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id