Tuesday , October 17 2017
Home / Trips Idea / Tujuh Puncak Tertinggi di Indonesia

Tujuh Puncak Tertinggi di Indonesia

7gunungJelajah Nusa – Indonesia tercatat sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan banyak gunung dan gunung berapi. Dalam dunia pendakian, di tanah air dikenal sebutan “tujuh puncak tertinggi di Indonesia atau the seven summits of Indonesia”. Konsep ini serupa dengan seven summits yang merupakan tujuh puncak tertinggi di tujuh benua di dunia.

Yang membedakan, ke-7 gunung yang terletak di Indonesia merupakan puncak paling tinggi di 7 pulau dan kepulauan utama. Tujuh pulau atau kepulauan utama tersebut adalah Papua, Kalimantan, Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Kepulauan Nusa Tenggara atau Sunda Kecil yang meliputi Bali dan Nusa Tenggara. Setiap pulau atau kepulauan diwakili satu gunung dengan puncak tertinggi.

Lantas, apa saja yang termasuk tujuh puncak tertinggi di Indonesia itu?

Puncak Jaya (Carstensz Pyramid)

Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Pegunungan Jayawijaya, Papua, dengan ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut (mdpl). Di sekitarnya terdapat gletser atau salju abadi yang besaran volumenya semakin menipis. Selain tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya yang eksotis termasuk satu dari tujuh puncak tertinggi dunia dari kawasan benua Australia-Oceania.

Puncak Jaya dikenal juga dengan nama Carstensz Pyramid. Hal ini mengemuka setelah penjelajah asal Belanda Jan Carstenszoon menamainya ketika pertama kali melihat gletser di puncak tersebut pada tahun 1623. *

Puncak Indrapura

Di ketinggian 3.805 mdpl, Puncak Indrapura Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi, berbatasan dengan Sumatera Barat di Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera. Gunung Kerinci dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat yang juga merupakan habitat harimau dan badak sumatera.

Berada di Puncak Indrapura, pendaki dapat melihat dari kejauhan, membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang dan Bengkulu. Malah, keeksotisan Samudera Hindia yang luas terlihat sejauh mata memandang. *

Puncak Rinjani

Sebagai bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani, Gunung atau Puncak Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 mdpl memang tercatat sebagai gunung vulkanik kedua tertinggi di Indonesia setelah Kerinci. Namun, keeksotisan panorama si cantik Rinjani telah menjadi magnet destinasi andalan sekaligus favorit.

Rinjani banyak dikunjungi terutama oleh para pendaki, petualang hingga pencinta alam pada bulan Juli-Agustus. Di kaldera Rinjani ada Segara Anakan, danau indah di ketinggian 2.000 mdpl dengan kedalaman 230 meter. Air yang mengalir dari danau membentuk air terjun nan indah, mengalir melintasi jurang curam. *

Puncak Mahameru

Gunung Semeru, gunung berapi kerucut tertinggi di Pulau Jawa. Secara administratif terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Puncaknya bernama Mahameru, menjulang pada ketinggian 3.676 mdpl.

Di wilayah Gunung Semeru terdapat aneka ragam jenis flora semisal cemara, akasia, pinus dan jenis jamuju. Tumbuhan pendek didominasi alang-alang, sedangkan di lereng-lereng menuju puncak banyak dijumpai bunga keabadian edelweis. Sementara fauna yang berkeliaran di sana antara lain macan kumbang, luwak, kijang hingga kancil. *

Puncak Rantemario

Gunung tertinggi di Pulau Sulawesi ini berada di tengah-tengah Provinsi Sulawesi Selatan. Ya, Gunung Latimojong dengan puncaknya bernama Rantemario yang berada pada ketinggian 3.478 mdpl. Pegunungan Latimojong membentang dari selatan ke utara dan sebagian besar berada di Kabupaten Enrekang. Di sebelah utara gunung adalah Kabupaten Tana Toraja, di selatan adalah Kabupaten Sidenreng Rappang dan di sebelah timur adalah Kabupaten Luwu sampai di tepi pantai Teluk Bone.

Bukan tergolong gunung berapi atau nonvulkanologi, medan pendakian menuju puncak dengan rute terjal dan berkelok menjadi ciri khas pegunungan ini. Di wilayah Latimojong masih bisa dijumpai anoa dan babi rusa. *

Puncak Binaiya

Sebagai gunung tertinggi di Provinsi Maluku, Gunung Binaiya menyimpan megnet tersendiri bagi para pendaki. Membentang di Pulau Seram, Mutiara Nusa Ina masuk dalam wilayah Taman Nasional Manusela yang memiliki luas 189.000 hektar.

Puncak Binaiya berada pada ketinggian 3.027 mdpl. Dari kejauhan, gunung di Kabupaten Maluku Tengah ini terlihat seperti bongkahan batu karang raksasa. Gunung Binaiya memiliki hutan montana (hutan pegunungan) dan juga hutan ericaceous. *

Puncak Bukit Raya

Dengan ketinggian puncak 2.278 mdpl, Gunung Bukit Raya tercatat sebagai gunung tertinggi di Pulau Kalimantan untuk wilayah kedaulatan Indonesia. Secara geografis berada di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, di dalam lingkup Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya.

Kawasan hutan ini didominasi puncak-puncak pegunungan Schwaner dan bukan tergolong gunung berapi. Penduduk asli yang menetap di sekitar taman nasional adalah keturunan suku Dayak Limbai, Ransa, Kenyilu, Ot Danum, Malahui, Kahoi dan Kahayan. (IA)

Check Also

Yachter Dunia Terpesona Keindahan Belitong

JELAJAH NUSA –  Ibarat mesin diesel, makin lama makin mantap. Makin oke. Makin kinclong. Itulah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id