Tuesday , October 17 2017
Home / Aktivitas / “One Stop Adventure” di Kampung Toga

“One Stop Adventure” di Kampung Toga

dsc_0518Jelajah Nusa – Jika teringat Sumedang, setiap orang akan ingat akan panganan tahunya. Namun di balik kelezatan tahunya, Sumedang pun memiliki kawasan terpadu wisata adventure yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kawasan yang menyuguhkan beraneka fasilitas rekreasi dengan suasana pedesaan tersebut, dikenal dengan nama Kampung Toga.

Nama “Toga” sendiri merupakan singkatan dari “Tanaman Obat-obatan Keluarga” karena di dalam kawasan terdapat lahan penanaman berbagai jenis tumbuhan obat-obatan (herbal). Sesuai dengan rencana awal pembangunan sebagai kawasan wisata berwawasan lingkungan menuju kawasan hutan kota dengan berbagai fasilitas rekreasi.

Kampung wisata seluas 16,25 ha ini, terletak di Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan yang hanya berjarak 3 km dari alun-alun Sumedang. Pendiriannya diprakarsai Drs. Samsudin, seorang pengusaha asal Sumedang sekitar tahun 1997 – 2000.

Menurut Samsudin wilayah Sumedang dirasakan masih kekurangan obyek wisata terpadu dengan segala fasilitas yang lengkap untuk dapat menarik pengunjung secara massal. Konsep wisata inilah yang dapat dikembangkan sesuai dengan keberadaan Kabupaten Sumedang yang kaya akan keanekaragaman seni dan budaya serta alam pegunungan yang masih asri.

Lewat motto “One Stop Adventure” dan di bawah pengelolaan bersama AMA Hospitality dari Bandung, Kampung Toga akan memanjakan pengunjung dengan beragam aktivitas. Mulai dari kegiatan di darat, air, maupun udara.

Di darat berupa rekreasi keluarga dengan menikmati suasana alam pegunungan, jalan-jalan dengan suasana pedesaan, naik sepeda gunung, outbond, dan lainnya. Di air ada kegiatan raffting atau arung jeram, kolam renang dewasa dan anak-anak, permainan sepeda air, dan kolam pancing.

Nah yang paling menarik aktivitas di udara, menikmati sensasi aerosport berupa paralayang dan gantole, baik untuk jalur prestasi maupun rekreasi. Di sini telah disiapkan Master Thundem untuk penumpang yang sekadar ingin menikmati indahnya panorama Kampung Toga dari udara. Bahkan spot Paralayang Kampung Toga yang berstandar nasional tersebut digunakan sebagai venue PON XIX/2016 Jawa Barat.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di Kampung Toga, tersedia 17 villa penginapan dengan harga sewa berkisar 325 ribu rupiah – Rp. 4 juta rupiah. Pilihan terbarunya ada fasilitas penginapan Camping Park sejumlah 30 tenda. Fasilitas lainnya terdapat restoran khas Sunda dengan menu andalan nasi liwet komplit dan gurame bakar, Café Toga Hill dengan pemandangan alam yang menawan, meeting room, dan area parkir yang luas. (IG/IA)

Check Also

Goa Tanding Wisata Baru Di Gunung Kidul

JELAJAH NUSA –  Pesona Goa Tanding yang ada di dusun Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id