Home / Destinasi / Nusantara / Nikmati Kesejukan Curug Cipamingkis

Nikmati Kesejukan Curug Cipamingkis

cipamingkisJelajah Nusa – Sejuknya udara, dan kesegaran sentuhan rinai air menyentuh tubuh diiringi gemuruh air terjun menambah rasa nyaman dan tak ingin beranjak pergi. Dihiasi jajaran pohon pinus dan aliran sungai yang bening membuat suasana asri nan indah. Pengalaman itulah yang bisa didapat saat berkunjung ke wana wisata Curug Cipamingkis.

Curug dengan tinggi kurang lebih 10 meter ini, berada di bawah pengelolaan Perhutani KPH Bogor. Letaknya di sebuah lembah pegunungan sebelah selatan daerah Jonggol, tepatnya Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Tidak kalah dengan curug-curug lain, Curug Cipamingkis memiliki pesona air terjun yang sangat elok dan indah. Dengan ketinggian wilayah sekitar 1100 – 1200 mdpl, suhu udara di sana pun sangat dingin dan sejuk. Angkanya berada di kisaran 20 – 23 derajat celcius.

Menurut Administratur Perhutani KPH Bogor, Asep Dedi Mulyadi, Curug Cipamingkis termasuk dalam kategori objek wisata yang telah dikelola. “Curug ini berada di wilayah pengelolaan kami, tepatnya berlokasi di RPH Cipamingkis BKPH Bogor yang memiliki luas pengelolaan mencapai 16,50 Ha,” paparnya.

Ada dua akses perjalanan menuju Curug Cipamingkis, bisa via Hanjawar, Cipanas – Puncak atau via Citeureup – Jonggol. Kedua akses itu dapat ditempuh dengan menggunakan armada roda empat maupun roda dua. Tekstur jalannya pun sudah beraspal meskipun tidak merata seluruhnya, sebagian masih ada jalan berbatu, tanah, dan berlubang. Jadi sebelum berangkat periksa dan persiapkan kendaraan agar dalam kondisi yang prima.

Untuk menyelami kesejukan Curug Cipamingkis, pengunjung hanya merogoh kocek sekitar 17 ribu rupiah per orang untuk wisatawan lokal dan sekitar 30 ribu per orang untuk wisman, biaya parkir roda dua sebesar dua ribu rupiah dan lima ribu rupiah bagi kendaraan roda empat. Dengan biaya tersebut, pengunjung sudah dapat menikmati pesona Curug Cipamingkis mulai dari berfoto selfie, foto grup, atau sekadar bermain air yang segar di pinggir kolam jatuhan air terjun.

Jangan lupa persiapkan kondisi fisik karena setelah memarkirkan kendaraan dan menuju lokasi Curug Cipamingkis, pengunjung harus berjalan melewati jalur tanjakan dan turunan dengan tangga berbatu. Jaraknya kurang lebih 300 meter dari gerbang masuk wana wisata Curug Cipamingkis.

Tak hanya itu, ada potensi dan fasilitas lainnya yang bisa dinikmati di wana wisata Curug Cipamingkis, diantaranya area hutan pinus, area berkemah, jogging track, kolam terapi ikan, rumah pohon, kios-kios jajanan, area parkir luas, mushola, dan toilet. Menurut Asep Dedi, ke depannya akan ditambah wahana bermain ATV serta kolam renang anak-anak yang masih dalam proses perencanaan. (IG)

Check Also

Menanti Mentari Terbit di Langit Borobudur

JELAJAH NUSA – Momen menanti sang mentari terbit memang selalu menjadi magnet bagi para wisatawan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id